Ngabuburit samaThandy

Ngabuburit samaThandy

Taukan ngabuburit……. ? Saya yakin semua sudah tau apa yang di maksud dengan ngabuburit.

Awal puasa tahun ini di sini pada sore hari saat menjelang acara ngabuburit nyaris selalu di guyur hujan dengan insetitas ringan sampai berat. Keadaan ini beberapa kali mengurungkan niat untuk memenuhi permintaan Thandy, si bungsu yang dari awal puasa ngajak ngabuburit.

Oh iya walau mungkin gak ada yang mo peduli ato mo tau dengan siapa itu Thandy. Saya ceritakan sedikit tentangnya. Thandy anaknya kurus gak jauh beda ma bapaknya, termasuk anak yang aktif, banyak bicara, banyak maunya, banyak sukanya, sering mainin barang barang sendiri sambil terus berceloteh sendirian. Cukup terkenal di lingkungan, melebihi keterkenalan anggota keluarga kami yang lain. Punya cita cita mulia yang sangat jauh dari hobbynya.

 Kembali ke judul.

thand n f

thand n f

Kamis tangal 9 puasa, cuaca sore hari cerah, kembali Thandy ngajak jalan ngabuburit. Singkat cerita setelah acara ngurusin burung peliharaan beres, kami berangkat di antar si Fino. Begitu tiba di mulut gang karena ini acara Thandy saya mulai bertanya, “Kiri apa kanan, Than ?”. “Kanan pak nanti belok kiri menuju terminal di sana rame bayak yang ngabuburit”. Sampai di terminal yang belum maksimal di pergunakan, benar saja banyak orang dengan berbagai aktifitasnya ada yang sekedar duduk duduk, ada yang jalan kaki muter muter, ada yang belajar naik sepeda motor dan mobil dan banyak lagi. Kamipun berhenti beberapa saat.

Puas melihat keramaian di terminal kami puter arah kembali ke arah masuk, sampai di perempatan jalan, kembali saya bertanya. “Sekarang ke mana Thand ?”. “Lurus pak ke jalan beko (jalan tanah berdebu)”. Saya nurut, si Fino di arahkan kesana terus ikuti jalan itu sampai jembatan yang lumayan panjang, habis jembatan jalan menanjak ahirnya tiba di perempatan lagi. “Thand, sekarang kemana, lurus, kiri apa kanan ?”. Thandy gak spontan menjawab, kelihatanya agak ragu jalan mana yang mau dia ambil. Gak lama . “Kiri pak”.

Si Finopun mulai bertingkah genit mengerling ngasih tanda mo ambil ke kiri. Baru saja beberapa meter mengikuti jalanan itu, mulai tercium bau yang tidak sedap, lama lama baunya makin pengap. Hmmmmmm ternyata ini jalanan menuju TPA (tempat pembuangan sampah ahir), pantas saja bau. Si Fino masih terus jalan, santai menapaki jalanan yang sedikit menurun berkelok kadang di hiasi dengan genangan air hitam pekat. “Thand, sekarang gimana, bau neh ?”. “ Balik lagi aja pak , iya gak kuat baunya”. Seketika putar arah.

Sampai perempatan jalan tanah berdebu jam menujukan pukul 17.35. “Thand gimana mo pulang ? Gak lama lagi bedug magrib”. “Iya pak pulang aja”.
Sambil jalan dalam kecepatan yang kurang dari 20 KM perjam, dari pengalaman sederhana ini ada hal yang bisa saya garis bawahi “janganlah memaksakan akan satu ha, seandainya merasa ragu, lebih baik bertanya dan jangan pernah merasa ragu untuk bertanya”.

Sekian post ngasal kali ini.

wasallam

Advertisements

About kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

43 Responses to Ngabuburit samaThandy

  1. Kang Ayan apa kabar.. Semoga sehat Kang..

  2. duniaely says:

    Hallo kang Yan dan keluarga, apa kabar? sehat sehat saja khan? 🙂

    • kangyan says:

      hallo juga mbak El… kabar si akang sekeluarga Alhamdulillah lagi pada sehat semua….

      trima kasih masih sempat mengunjungi lapak yg nyaris di tinggal ini..

      kabar mbak El sekeluarga di Jeman sana, bagaimana ?

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb KangYan…

    Lho, kenapa posting barunya ngak ada. Apa masih sibuk nih sampe ngak nyempat nulis lagi. Ayuh kangYan, ditunggu cerita barunya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 😀

  4. duniaely says:

    Selamat siang Kang Yan … apa kabar ?

    selamat ulang tahun, semoga panjang umur, sehat dan bahagia selalu bersama seluruh keluarga di sana ya kang, dan sukses dgn bisnisnya 🙂

    • araaminoe says:

      Lho akang ulang tahun ya? kapan? met ultah ya kang, barrakallah ya kang… mana postingan terbarunya? makasih sudah mampir ke blog asmie, btw asmie ultahnya juga deketan sama akang lho, yuk kita rayakan hidup bersama sama kang *tiup lilin bareng fuuuu…* 😉

  5. sang dewi says:

    kumaha damang kang yann..??

  6. Elna_DaSKA says:

    Kangen asana ka teman2 dunia maya …. !!

  7. duniaely says:

    Selamat malam kang .. apa kabar sekeluarga ? semoga sehat dan happy selalu ya kang

    makasih sdh berkunjung ke duniaely lagi 🙂

    gimana bisnisnya kang ? semoga sukses ya

  8. Sang Bayang says:

    Kang Yaaaaaaaaannnnn… 😀

  9. duniaely says:

    Hallo kang Yan apa kabar ? sehat sehat saja kann ?

  10. awan putih says:

    hehe… aku juga sering nyasar2 kala mencari alamt, soalnya malas bertanya, mahunya cari dlu, ntr lama putar2 baru bertanya 🙂

    salam

  11. araaminoe says:

    Akang… asmie kangen lho, tadi asmie lihat akang hari ini sempet mampir ke blog asmie ya? akang kemana? hiks hiks hiks… 😦

  12. araaminoe says:

    Akang… asmie sekeluarga menghaturkan minal aidzin wal fa idzin ya, mohon maaf lahir dan batin untuk segala kesalahan dan khilaf diri, semoga Allah menyampaikan kita kepada ramadhan ramadhan berikutnya, amin…
    Akang sehatkah?

  13. Belum ada posting baru KangYan..

  14. veera says:

    waaaah, thandy-nya lucuuuu

  15. araaminoe says:

    Akang ngilang lagi? sakit lagi kang? aduuuh jangan donk.. semoga enggak ya kang semoga akang sehat2 saja, mungkin belum ngeblog karena masih sibuk ya?

  16. lieshadie says:

    suka ama potonya Kang..gemes.. 🙂

  17. Erit07 says:

    Haha sampai ke Tpa pula..

  18. Hengki says:

    Tapi mending juga kalau ingat jalan pulangnya 😀 kalau lupa gimana ya

  19. ha ha ha.. si Thandy punya wibawa untuk mempengaruhi keputusan papanya hingga ke TPA .. syukurnya puasa ngga batal ya Kang..

  20. arip says:

    Ngabuburitna jalan2 di TPA ieu mah kang. 😀

  21. yisha says:

    sempat berbuka di rumah ngga kang?

  22. Untungnya ga muntah2 n pingsan kang. Bau tumpukan sampah kan bikin kepela pening, sepening ga punya uang 😆

  23. Hmmmm…. di sini juga, komentar saya hilang.
    Check kangYang, mana tahu ditelan spam.
    Mungkin sudah lama tidak kemari ya, maka harus ditahan dulu. 😦

  24. Ryan says:

    aduh kang… sampai ke TPA ngabuburitnya…
    setuju tuh… jangan malu bertanya. saya sering marahin temen/kakak kalau males tanya2.

  25. abi_gilang says:

    Hebat nih Thandy udah belajar puasa 🙂 besok2 kalo ngabuburit didepan tukang bakso aja biar kenyang :mrgreen:

  26. Setuju,,,,,,, selagi bertanya merupakan kegaiatn yang tidak dikenakan biaya, kenpa kita tidak mencobanya.

    Salam wiisata

  27. araaminoe says:

    Horay akang kembali nulis….
    Siapa Thandy kang? ada photonya gak? posting dunk.. 🙂
    ngabuburit ya? hmmm… disini asmie klo ngabuburi di jalan kang, soale pas pulang kerja he he he…

    • kangyan says:

      hehe….

      Thandy anak bungsu kanyan As… ada…. siap bentar tulisan ini di edit…

      ngabuburit di jalan harus hati hati As, segala kemungkinan bisa aja terjadi di jalan…..

      • araaminoe says:

        Ooo.. anak akang tho? jadi tambah penasaran nie, ayo akang photonya *maksa he he he*

        Iya kang, harus hati hati, tapi asmie biasa mampir masjid untuk buka puasanya, jadi pulang habis maghrib sdh gak terlalu macet… nuhun kang 🙂

  28. duniaely says:

    seperti kata pepatah ya kang, malu bertanya sesat di jalan

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: