sawi pakan tambahan burung kenari

Sawi pakan tambahan burung kenari

Burung Kenari sama seperti burung kiacauan yang lain memerlukan pakan tambahan selain pakan utamanya (biji bijian). Salah satunya sayuran seperti daun Selada, Sawi hijau, Sawi putih dan Gambas (Oyong). Pemberian sayuran pada burung Kenari harus dalam keadaan bersih dan segar.Bersih agar terhindar dari bibit penyakit yang siapa tau ikut nempel pada sayuran yang kotor dan juga untuk menghindari zat racun insektisida yang mungkin saja masih menempel. Jadi alangkah baiknya kita cuci dulu sayuran yang akan kita berikan itu dengan air bersih. Segar agar kandungan zat gizinya masih tinggi.

sawi pakan kenari

sawi pakan kenari

Pemberian sayuran tidaklah harus berlebih secukupnya saja kira kira sehari habis, kalau mendapati sayuran yang di berikan sudah membusuk atau mengering segeralah di buang ganti dengan yang masih segar. Perlu di ingat alangkah baiknya pemberian sayuran itu kita selang seling, Maksudnya hari ini di beri sawi besoknya di beri gambas, lusanya di beri selada begitu seterusnya.

sawi pakan kenari

sawi pakan kenari

 

Pengalaman tak semua burung Kenari menyukai jenis sayuran tertentu atau buah tertentu, sering mendapati burung Kenari yang tak suka Sawi atau tak suka buah dll. Mungkin itu di sebabkan kebiasaan perawatanya, pemberian pakan usia muda yang monoton. Kalau mendapati hal seperti itu coba ganti sayuran dengan jenis sayuran yang lain.

sawi pakan kenari

sawi pakan kenari

Cara pemberian Sawi sangat mudah, tinggal sobek 1 helai daun sawi dari batangnya, cuci bersih kemudian tusuk bagian atasnya dengan gantungan khusus (di jual di toko perlengkapan burung @ sarebu perak) atau bisa di tusuk pake lidi selipkan di bagian dalam sangkar.

Selamat member pakan.

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

24 Responses to sawi pakan tambahan burung kenari

  1. abi_gilang mengatakan:

    Kalo buat akang yang nggak punya piaraan burung sawi-nya pasti masuk panci buat disayur😆

  2. duniaely mengatakan:

    wah .. pasti kenarinya sehat sehat nih kang, pakannya hijau hijau, sdh tambah byk ya yg bertelur ?😛

  3. araaminoe mengatakan:

    Kangyan yang suka sawi mah bukan cuma kenari saja, tapi asmie juga suka apalagi disayur bening, nasi hangat sedikit sambal ha ha ha…
    *maap kang asmie ngelantur, habis asmie tidak tahu tentang burung, jadi yang di omong makanan*
    Selamat hari sabtu Kang…😀

  4. cumakatakata mengatakan:

    Hmmmmmmm…..
    jodoh kn……

    Akan mengalir banyak tips perburungan disini nih…

    lanjutkan A’. semoga kenarinya semakin banyaaaaaaaaaaak🙂

    • kangyan mengatakan:

      hy Pace, gimana kaktusnya ?

      Insya Allah yg saya tau akan saya tulis, sesuai dg pengalaman….

      terima kasih,,,,
      Alhamdulillah 3 indukan dah netes, tinggal nunggu anakanya turun sarang hehe…

  5. Ilham mengatakan:

    baru tahu kang burung kenari makan sayur juga.😀

  6. Heru Piss mengatakan:

    Sayuran nie agar apa kang, kicaunya lebih bagus atau biar sehat?

  7. naniknara mengatakan:

    burung pun sayurannya juga harus bervariasi tiap hari ya, berarti dia kenal bosan juga.

  8. SITI FATIMAH AHMAD mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, KangYan…

    Kalau di sini, sayur jenis itu dikira mahal dan biasanya menjadi sayur dalam masakan TomYam.
    Beruntungnya menjadi burungKKenari KangYan ini, dijaga baik, diberi makanan yang bergizi tinggi, dirawat dengan sihat dan yang penting tuannya tahu ilmu menjaga burung.

    Hebat dan salut buat KangYan. Ternyata hobi awalnya, nanti akan jadi tauke burung pula.😀
    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.😀

    • kangyan mengatakan:

      wa’alaikum salaam wr wb.

      hehe itu keharusan dan tanggung jawab saya yang memeliharanya.. soal tau ilmunya, hanya tau sedikit mbak.

      terima kasih mbak Siti…

      salam dari kota hujan.

  9. capung2 mengatakan:

    wahh… saingan ama sya nih menu sayurannya..

  10. ryan mengatakan:

    makannya sawi putih?
    sama kayak saya ya. makannya sawi putih juga… tapi sukanya yang dicah pakai tahu.😀

  11. Erit07 mengatakan:

    Aihhh,mau mkan sayur???

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: