mencoba ternak burung kenari tapi gagal

Mencoba ternak burung kenari tapi gagal

Waduh lama banget ne lapak gak di buka buka, kayaknya sudah bulukan neh, hadeueuhhh tulung tulung….

Halo sahabat apa kabarnya semua….? Semoga kabar baik selalu menyertai….

Lama tak menulis, sekalinya mau menulis bingung juga mau menulis apa. Hadeuh….

Wokelah mulai saja sesuai dengan kebiasaan saya yang selalu menulis tentang keseharian. Kali ini saya pingin menulis tentang kegagalan hehe.

Mungkin ada sebagian sahabat yang tau saya ini hobby juga memelihara burung lantas jadi suka jual beli burung, baru baru ini karena jiwa penasaran dan rasa ingin coba coba menggiring saya ke satu keinginan untuk mencoba ternak burung Kenari. Oleh sebab itu maka mulaialah mencari informasi mengenai ternak kenari berlanjut dengan perburuan indukan, persiapan kandang ternak dan lain sebagaianya. Singkat cerita segala sesuatunya berjalan sesuai dengan yang di harapkan, sampai disini tidak ada masalah.

 kandang ternak kenari hasil modifikasi

kandang ternak kenari hasil modifikasi

Masalah mulai muncul saat Kenari mulai bertelor, telor pertama pecah celakanya lagi si Kenari betina jadi tidak sehat, segala upaya di lakukan untuk memulihkan si Kenari betina berpedoman pada info yang di dapat dari berbagai sumber. Langkah pertama yang di ambil memisahkanya lagi dari si jantan, penjemuran sesuai anjuran para pakar, pakannyapun terutama sayuran setiap hari di ganti dengan jenis sayuran yang berbeda tapi sampai sekarang ini kondisi si Kenari betina tak kunjung membaik, tetap loyo, bulunya mengembang, matanya sering terpejam. Timbang karunya nempona, iya harus gimana lagi berusamah sudah sayahteh untuk memberikan pertolongan tapi apa daya karena ilmu yang dangkal jadi belum membuahkan hasil, si betina belum sembuh sembuh.

kenari betina yang sakit

kenari betina yang sakit

Ah kayaknya percobaan pertama ternak gagal. Tapi tak apalah namanya juga belajar, sambil menunggu si Kenari betina yang siapa tau bisa sembuh lagi, sekarang sedang berusaha mendapatkan lagi Kenari betina yang lain, sayangnya disini tak gampang untuk mendapatkan Kenari betina. Beberapa kali saya datangi para penjual burung yang dekat, semuanya kosong yang banyak Kenari jantan. Jadi sampai saat ini masih belum dapat.

kenari jantan yang lincah

kenari jantan yang lincah

Oh iya,,, Mungkin di antara Anda pembaca ada yang beternak burung kenari dan seandainya sudi untuk berbagi dengan saya perihal ternak kenari, sebelumnya juga saya ucapkan terima kasih.

Sahabat pernahkah Anda mengalami kegagal dalam satu bidang ?

Noeternakkenarigagal

Iklan

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

43 Responses to mencoba ternak burung kenari tapi gagal

  1. Arizky says:

    Iya om maaf kirain pke 1 email gk bkl ke kirim2.
    Om mau nanya lg nih.
    Cra pnjemuran dikandang box permanen gmn ? Gak bkalan stres kah om klo stiap hri sya pindah2 k sangkar biasa buat dijemurnya
    -trus sepengalaman om stelah akur dlm satu kandang box(permanen) bth waktu brp hari lg om buat mereka bkin srang, kawin & bertelurnya ?
    -kenapa jantanya malah ngacak2 isi sarang yg sya taruh, pdhl sibetinanya udh niat ngrapihin
    -trus slama sibetina bikin sarang buat brtelur boleh kah om sambil ditemani sma sijantanya ?
    Sblmya trmksh
    Wass..

    • kangyan says:

      – saya belum pernah mencoba menjemur di kandang permanen, soalnya ribet banget ukuran kandang yang saya bikin 160cm x 40cm x 40 cm. memindahkan setiap hari juga ke sangkar biasa untuk penjemuran belum pernah, saya biarkan saja dari proses kawin sampai netas di dalam kandang ternak gak pernah di jemur.
      pengalaman dulu sebelum di bikin kandang permanaen dan mencoba ternak di sangkar biasa yang tiap hari keluar masuk rumah, ternaknya gagal gan… betinanya stres sampai sakit akhirnaya malah mati setelah bertelor.

      – pengalaman,,, tergantung kesiapan si betina gan. ada yang hanya 3 hari sudah mulai beresin sarang hari ke 5 sudah bertelor. tapi ada juga yang lama…

      – belum pernah punya pengalaman seperti itu. tapi coba jantanya di ganti atau di tuker jantan yang lain.

      – dari beberapa sumber yang saya baca selama mereka akur lebih baik di biarkan saja si jantan sama si betinya sampai netas dan anaknya sampai bisa makan sendiri. cara seperti ini pernah saya coba, hasilnya bagus si jantan suka ngeloloh si betinya yang lagi ngerem begitu juga saat anak2nya netas si jantan suka membantu ngeloloh anak anaknya.
      tapi ada hal yang harus di perhatikan, amati tingkah si jantan sama si betinya, benar2 akur atau gak. karena pernah juga saat si betina mulai ngerem, si betinanya nyerang si jantanya. kalo hal ini terjadi lebih baik di pisah gan.

      maaf,,, jika jawabanya kurang memuaskan. harap maklum saya juga masih dalam proses belajar.

  2. Ping-balik: Mencoba Lagi (Ternak Burung Kenari)

  3. Ping-balik: Mencoba Lagi ( Ternak Kenari ) |

  4. capung2 says:

    kenari memang lagi musim sekarang…
    salam kenal !

  5. Erit07 says:

    Sya gak pernah pelihara burung…
    Maaf kang gak bisa beri solusi…

  6. yisha says:

    wah, penuh perjuangan ya? met berjuang!

  7. Evi says:

    Semoga kenari indukannya cepat sembuh ya Kang. Biasalah kalau usaha yg pertama emang sering gagal. Tapi ini sih bukan kegagalan tapi sukses yg tertunda, pembelajaran agar sukses di ronde berikutnya. Semangat ya Kang Yan 🙂

  8. izzawa says:

    aku belum pernah beternak burung apapun kang..
    kalo gagal dalam bidang lain ada gak yaaaaaa????? 🙄 hmm

  9. abi_gilang says:

    Tong di tingali bae atuh ari karunya mah 🙂 Ubaraaaan :mrgreen:

  10. Yos Beda says:

    wah sayang gagal ya mas, mungkin bisa mencoba ternak burung cucak rowo, siapa tahu bisa berhasil..

  11. Ely Meyer says:

    Wah .. belum pernah punya pengalaman beternak burung kenari Kang

  12. lieshadie says:

    Suka baca komen Ra…kekekekekek

    Kang Yang ayooo semangaaaatttt !

    • kangyaannn says:

      Ra emang orangnya pinter mbak Lis…

      semangat tetap mbak Lis, ne kan si betina yg sakit kemarin malah mati hehe tapi tadi siang beli lagi 2 betina soalnya masih penasaran pingin tau bisa gak beternak kenari…

  13. mintarsih28 says:

    kalau sodaraku kok di kasih makan kuning telur puyuh kang. dan kayaknya kok berkembang biaknya cepat.

  14. ~Ra says:

    Aku seringnya gagal bercinta.. 😀

  15. arip says:

    Si pun bapa tah hobi ngurus beragam unggas, dari itik, ayam, sampe burung kenari ini.
    Nu penting mah ngurusna kudu nganggo manah. 😀

  16. nengwie says:

    Assalamu alaykuuuuum…. kamana wungkul Kang?
    Alhamdulillah abdi sae.

    Euuh mugi enggal damang eta si kenari betina na, saha namina? 🙂

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: