tehnik dasar mancing ikan

tehnik dasar mancing untuk femula

Mancing ikan  sepertinya gampang, kalau segala sesuatunya sudah di anggap siap, tinggal mancing. Tapi pada prakteknya tidak semudah itu perlu sedikit ke ahlian khusus. Tehnik dasar mancing sangat di perlukan kalau mau mancing di pemancingan harian apalagi mancing lomba. Khususnya bagi pemula kalau senior gak usah di ragukan pasti sudah pada mahir.

Umpamanya jangan sampai saat melempar umpan eh nyasar ke lapak tetangga atau umpanya terlontar tapi kailnya masih mengayun di atas. Pasti tetangga akan senyum senyum hehe. Walaupun pada dasarnya akan bisa karena biasa, akan mahir kalau terus berlatih.

Sedikit pengalaman tentang tehnik dasar mancing di pemancingan harian..

Melempar Umpan

Atur pegangan tangan tepat di atas ril, jangan lupa buka kawat pengaman ril tahan kenur dengan jari telunjuk.Pegang joran ,arahkan pandangan mata ke titik yang kita tuju. Gerakan joran dengan gerakan siku posisikan joran agak ke bawah terus gerakan joran ke atas dan jangan lupa lepaskan jari telunjuk yang tadi menahan kenur..

Setelah umpan terlontar dan menuju titik yang kita kehendaki jangan biarkan kenur mengambang tenggelamkam kenur dengan cara menghentak joran perlahan..Usahakan kenur lurus antara pelampung dan ujung joran…

Isyarat Pelampung

Saat mancing harian atau lomba mania pasti memakai pelampung. Pelampung pungsinya untuk mengetahui saat umpan di sambar ikan. Tanda umpan di makan ikan akan bisa di lihat lewat gerakan pelampung walaupun gerakanya berbeda beda tergantung dari ikanya itu sendiri dan bentuk pelampungnya. Pelampung ada yang panjang lancip ke bagian atas, ada yang panjang tapi dari bawah sampai ujung atas sama besarnya, ada juga yang bulat. Terserah mania mau pilih yang mana pungsinya sama saja kho.. Gerakan pelampung ada yang hanya bergetar, ada pula yang langsung tenggelam saat umpan di sambar ikan, ada juga yang gerakanya seperti jarum mesin jahit atau bahkan ada gerakan pelampung yang tidur. Saat mania melihat gerakan pelampung seperti di atas segera hentak joran..

Menggentak Joran dan menaklukan ikan.

Gerak menghentak joran bisa di bilang gerakan repleks. Pegang gagang joran dengan satu tangan hentak joran jangan terlalu kuat/kasar perlahan saja karena kalau ikan sudah makan umpan tidak perlu hentakan terlalu kuat asal aja ikanpun pasti nyangkut di mata kail. Tarik joran usahakan posisi joran tegak lurus jangan biarkan kenur mengendur putar ril dengan tangan satu lagi saat ikan tidak melawan, kalau ikan memberikan perlawanan kenur jangan di gulung kalau di paksa di gulung akibatnya bisa patal kenur bisa putus. Lakukan gerakan seperti tadi sampai ikan menyerah.

Oh iya sebelum melontarkan umpan atur dulu ril, setel drag sesuaikan dengan perkiraan besarnya ikan. Jangan di kunci rapat, tujuanya mengurangi dampat putusnya kenur..

Saat ikan sudah dekat biasanya ikan akan berontak lebih kuat berusaha untuk melepaskan diri. Di tahap ini mania harus extra hati hati saat menggulung ril jangan terburu buru untuk mengangkat ikan, mainkan saja ikuti kemauan ikan sampai ikan benar benar menyerah.

Saat ikan sudah menyerah tinggal mengambilnya saja sepertinya mudah ya.Mudah kalau pakai tepok, kalau pakai tangan tanpa tepok akan susah. Cara sederhana mengangkat ikan hasil tangkapan tanpa tepok adalah, usahakan kepala ikan ada di permukaan air tapi jangan pegang kenurnya apalagi mengangkatnya, perlahan tangankiri  memegang bagian perut ikan dan terus angkat ikanya..

Ini saat saat asyiknya mancing yang membuat sebagian mania jadi pecandu mancing seperti saya hehe..

Melepas Kail

Melepaskan kail tanpa alat bantu yang memadai sebenarnya mudah saja. Tapi tetap harus hati hati, jangan sampai kail lepas dari mulut ikan menancap di tangan. Pernah kejadian seperti itu yang menimpa seorang mania dan ujung ujungnya di larikan ke puskesmas..

Pegang kail yang menancap di mulut ikan dengan jari telunjuk dan jempol terus tarik kail mengikuti arah lengkunganya bila agak sulit dorong kail terlebih dahulu sebelum mencoba melepaskanya lagi. Bila terlalu dalam dan susah di jangkau oleh jari ambil sendok ikuti arah kenur lalu dorong sampai kailnya terlepas..

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

6 Responses to tehnik dasar mancing ikan

  1. Ely Meyer mengatakan:

    tinggal di jerman … negara yg penuh aturan, org di sini terbiasa mentaati aturan krn hukumnya sangat tegak dan nggak pandang bulu, jadi kalau ketahuan mancing nggak punya SIM bisa malu sekali dan kena denda, jadi yg mancing ya pasti sdh punya SIM , ada segi postifnya sih, ntar anak cucu masih kebagian ikannya😀

    iya itu lumba2 nya pas bener goyangannya dgn alunan musiknya😀

    • uyayan mengatakan:

      oh di jerman el…sepertinya enak ya tinggal di negara yang hukumnya benar benar di tegakan tak pandang bulu..tidak seperti di sini terang benderang ( pinjem kata kata pa sby) jelas pilih tebang..bak pisau dapur yang tajam ke bawah tumpul ke atas..

      sukses slalu el…

      salam.

  2. Ely Meyer mengatakan:

    sayangnya di sini yg boleh mancing itu hanya orang orang yang sdh punya SIM … surat ijin mancing *serius lho* jadi hrs lulus ujian mancing, masuk klub mancing, mentaati aturan yg ada , belum mahal bayar per tahunnya

    *masih merasa spt di rumah sendiri dengar alunan suara pak Ebiet sambil lihat di pojok kanan bawah ada ikan lumba lumba bergoyang pas dengan irama yg mengalun, terima kasih😀 *

    • uyayan mengatakan:

      baru denger el, mau mancing harus punya SIM dulu…
      kalo boleh tau emang el tinggal dimana..??

      *iya el terima kasih juga…untung ya lumba lumbanya gak pegel goyang terus hehehe *

  3. Irfan Handi mengatakan:

    Kebetulan saya paling suka nonton mancing mania Om, tapi saya gak bisa mancing. untung ada artikel ini.🙂
    Besok coba mancing ah….😉

    • uyayan mengatakan:

      postingan sederhana gan yang hanya berdasarkan pengalaman saja…
      maklum peng-hoby mancing walau hanya di kolam pemancingan..
      selamat mencoba gan…
      oia makasi juga untuk kunjunganya..

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: