nyoblos poe tadi (PILGUB JABAR)

Nyoblos poe tadi (PILGUB JABAR)

Minggu 24 Februari 2013 adalah hari pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Malamnya yaitu malam Minggunya saya berbincang dengan beberapa teman, saya mencoba menggiring perbincangan itu ke arah Pilgub yang akan di laksanakan esok hari (Minggu), dari ke 4 temen hanya ada 1 temen yang merespon dengan agak serius sedangkan yang lainya merespon dengan candaan. Sepertinya mereka tidak bergairah memperbincangkan masalah Pilgub ini bahkan dari 4 temen itu ada yang gak tau berapa banyak calon yang akan bertarung esok (hari ini, minggu).

Dari perbincangan singkat yang penuh candaan ada satu kalimat yang hampir senada yaitu “Milih kieu, teu milih kieu” translate —> “memilih seperti ini, gak memilihpun seperti ini”. Satu kalimat yang menyiratkan satu bentuk keprustrasian dan kepasrahan. Artinya di mata mereka dan saya belajar dari yang sudah sudah nyoblos gak nyoblos tidak membawa dampak perubahan yang signifikan.

Hari Minggunya saat Pilgub di laksanakan di tempat saya, saya tidak melihat antusiasme warga melaksanakan Pilgub ini. Saat saya dan istri pergi ke TPS tak sekalipun berpapasan dengan warga yang sudah melaksanakan pencoblosan, pun di TPS saat kami tiba jangankan antrian warga, yang duduk di bangku tunggupun tidak ada. Waktu itu jam menunjukan pukul 11.00. Entah belum pada datang atau bagaimana ? Saya penasaran bertanya ke salah seorang temen yang kebetulan jadi petugas di TPS itu. Jawabanya iya emang sepi, tapi entah mungkin siangan.

Setelah mencoblos saya kembali ke tempat kerja. Baru juga beberapa saat datanglah seorang temen yang beda kampung, saya masih penasaran bertanya lagi soal Pilgub jawabnya sama aja, sepi katanya. Malah lebih parah keluarga dia sendiri yang sudah punya hak pilih ada 4 orang tapi yang menggunakan hak pilihnya cuma dia seorang.

Yang jadi pertanyaan “mengapa warga jadi banyak yang acuh soal Pilgub ?”. padahal kan ini untuk menentukan siapa pemimpin (gubernur Jabar) lima tahun ke depan.

Ah… Semoga saja Gubernur terpilih nanti mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik dari sekarang  yang bisa di rasakan oleh semua lapisan warganya, baik itu si kaya ataupun si miskin…

Semoga….

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

15 Responses to nyoblos poe tadi (PILGUB JABAR)

  1. Mita Alakadarnya mengatakan:

    wah bisa sepi gitu ya…..

    • kangyaannn mengatakan:

      gak tau juga, apa alasan yg sebenarnya kenapa warga jadi pada ogah nyoblos….
      malah pengakuan beberapa temen, ke TPS hadir, masuk ke bilik tapi hanya liat gambar doang gak ada yg di pilih, kertas udah di buka di rapiin lagi kemudian di masukin ke kotak suara.

  2. Ulfah Uswatun Hasanah mengatakan:

    eaaaa. akhirnya yang dijoblos menang ndak nih pak?

  3. Ika Koentjoro mengatakan:

    jagonya menang ndak kang🙂

  4. yisha mengatakan:

    nyoblos ni yeeeee………..

  5. arip mengatakan:

    Huuh ya, udah pada pragmatis. Padahal saya mah antusias, soalnya baru pertama dapat hak pilih.
    Terus harusnya yg golput juga ttp datang ke tps, biarin ga nyoblos juga. Kasihan panitianya udah beres2 ini itu.

  6. Ely Meyer mengatakan:

    Mungkin warganya sudah bosan dibohongi kang, jadi enggan milih *analisa ngawur*:mrgreen:

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: