tempat wisata alam di Bogor

tempat wisata alam di Bogor

Bogor adalah sebuah Kabupaten dan juga Kota Madya di Propinsi Jawa Barat..Punya julukan Kota Seribu Petir dan Kota Hujan, Bogorpun sangat terkenal dengan Talas Bogornya..Lebih dari itu Bogor juga mempunyai banyak objek Pariwisata yang sangat menarik dan patut untuk di kunjungi salah satunya adalah Wisata Alam..

Berikut ini beberapaTempat Wisata Alam yang berada di Bogor, di antaranya :

  • RIUNG GUNUNG..

Terletak pada ketinggian 1500 m, Riung Gunung menawarkan pada Anda panorama alam daerah puncak yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang luas. Tambahkan suasana nyaman dengan udara segar khas pegunungan yang akan melengkapi setiap kunjungan Anda di sini. Selain panorama alam, Amda juga dapat berkunjung ke salah satu vila di daerah ini tempat Soekarno pernah menginap dan memohon kepada Allah SWT demi kemajuan dan kesejahteraan Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini juga adalah paralayang.

Lokasi: tepi jalur Puncak (40 km dari Kota Bogor)

  • TAMAN SAFARI INDONESIA..

Saksikan keberagaman fauna dari berbagai belahan dunia di dalam kenyamanan sebuah taman. Taman Safari Indonesia menempati kawasan seluas 55 ha di atas lahan setinggi 800 meter dpl, dengan iklim yang nyaman. Taman ini dapat dicapai dengan sarana transportasi yang memadai dan mudah dicapai, baik dari Kota Jakarta, Bogor, ataupun Bandung.

Di taman ini, berbagai satwa hidup bebas di dalam lingkungan yang mendekati habitat alaminya. Anda dapat menyaksikan dari dekat seluruh perilaku satwa liar dan jinak yang jumlahnya sekitar 2.500 ekor, seperti singa, harimau, cheetah, beruang hitam Amerika, beruang cokelat, zebra, bison, watusi, lamma, panda merah, beruang es, gajah, dan banyak lagi binatang langka. Kehidupan hewan di sini dapat Anda nikmati melalui kenyamanan kendaraan yang dapat Anda kemudikan sendiri sepanjang rute perjalanan di dalam taman.
Selain itu, berbagai fasilitas lain dapat Anda nikmati, seperti kawasan piknik, children playground, panggung hiburan hewan, kebun binatang mini, dan lain sebagainya.
Lokasi:  Cisarua, Kabupaten Bogor
  • KEBUN RAYA CIBODAS.. 

 Kebun legendaris ini didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann, seorang kurator Kebun Raya Bogor pada waktu itu, dengan nama Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas). Pada awalnya dimaksudkan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi, salah satunya adalah Pohon Kina (Cinchona calisaya). Kemudian taman ini berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas.   Mulai tahun 2003, status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).  Sampai saat ini, Kebun Raya Cibodas – LIPI memiliki 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi bill, dan 4.852 koleksi herbarium. Koleksi tanaman di Kebun Raya Cibodas – LIPI terbagi menjadi dua koleksi, yaitu koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca. Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri dari Anggrek (320 jenis), Kaktus (289 jenis) dan Sukulen (169 jenis), namun Anda juga dapat menemukan tumbuhan liar di dalam kebun. Sedangkan koleksi tanaman di kebun berjumlah 1.014 jenis, di antaranya tanaman khas dan menarik, seperti Pohon Kina (Cinchona pubescens Vahl) yang merupakan tanaman obat untuk mengobati penyakit malaria. Bagi Anda penggemar tanaman, objek wisata ini masuk dalam daftar a must visit.

Lokasi: kaki Gunung Gede, Desa Cimacan

  • SITU GEDE..  

Berekreasilah dan lepaskan semua kepenatan Anda di Situ Gede. Terletak di tepi Hutan Darmaga (hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan), telaga yang memiliki luas sekitar 6 ha ini merupakan tempat rekreasi sehari-hari bagi warga Bogor. Di sini Anda dapat berperahu, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron.

Panorama hutan Cifor di kawasan situ, dengan tanaman perkebunan karet nan hijau ditunjang suasana yang masih tenang dan asri, menambah daya tarik bagi hutan ini. Di tengah danau terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak dihuni oleh berbagai jenis burung air. Tidak jauh dari lokasi Situ Gede, terdapat dua buah anak danau yang merupakan bagian dari Situ Gede, yaitu Situ Leutik dan Situ Panjang. Warga sekitar menyakini ketiga situ tersebut bila diamati secara seksama seperti berbentuk kujang (senjata khas masyarakat Jawa Barat).
Untuk sementara, Situ Gede selain telah dijadikan tempat lokasi pilihan bagi warga sekitar untuk sekedar melepas kepenatan dan hiburan murah meriah bagi keluarga, danau tersebut juga berfungsi sebagai irigasi pertanian dan perkebunan masyarakat sekitarnya.
Lokasi:  Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat
  • CURUG CIISMUN..  

Curug Ciismun memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan kaki air terjunnya selebar sekitar 5 m.  Air curug ini terjun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas. dan berada di ketinggian 1275 m dpl.

Lokasi
Terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, tepatnya di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet  Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat
  • KEBUN RAYA BOGOR..   

Kebun Raya Bogor didirikan oleh seorang ahli botani asal Jerman, yaitu Prof. Dr. C. G. C Reinwadt pada tahun 1817. Di sini terdapat kira-kira 20.000 jenis tanaman, yang terdiri dari berbagai macam tanaman dari dalam maupun luar negeri, termasuk anggrek dan kaktus. Kebun ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium, dan Museum Zoologi.

Di dalam kebun ini Anda dapat melihat bunga raksasa yang terkenal (Amorphophalus Titanum Beccari) yang terkenal dengan sebutan bunga bangkai, karena memang menebarkan aroma bangkai yang ditanam pada tahun 1912 sebanyak 11 pohon, berasal dari hutan Sumatera dan ditemukan oleh ahli Botani dari Italia bernama Beccari.
Kebun Raya ini pada mulanya merupakan sebuah halaman istana meski sekarang kedua tempat tersebut telah dipisahkan. Walau begitu, wisatawan tetap dapat melihat istana yang elegan dengan kubah besar berwarna emas. Kebun raya ini juga menawarkan kepada Anda untuk merasakan keteduhan dari deretan pohon kenari yang berada di sepanjang jalannya dan melihat kelelawar di beberapa pohon besar yang sudah tua, serta melihat tupai yang berloncatan dari satu pohon ke pohon yang lain.
Kunjungan Anda ke Kota Bogor tidak akan lengkap tanpa berkunjung ke Kebun Raya, jadi jangan lupa untuk datang dan menikmati suasana hijau dan segar yang ditawarkannya.
Lokasi:  Jl. Paledang No. 35 Bogor
  • DANAU LIDO..

Danau Lido menawarkan untuk Anda hamparan danau jernih dan berbagai jenis hiburan untuk semua anggota keluarga. Berlokasi di antara dua buah gunung (Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango), danau ini berair jernih dan bisa dilakukan sepeda air, speedboat, atau yang lebih unik dan tradisional adalah menggunakan rakit yang terbuat dari bambu (getek) yang dibuat menarik dengan gambar naga. Selain itu, Anda dapat menyeberang menuju pulau kecil yang berada di tengah danau untuk bersantai atau mengisi perut. Berbagai makanan disajikan, mulai dari jagung bakar, kelapa muda dan makanan lain ditemani dengan udara sejuk pegunungan. 

Bagi Anda yang hobi memancing, pengelola menyediakan lokasi memancing yang luas. Selain itu, sarana outbond tersedia di sini di antaranya adalah flying fox yang bisa memacu adrenalin. Di lokasi wisata ini juga tersaji olahraga udara yang dikelola Lido Aero Club, dengan olahraga udara seperti terjun payung, aeromodeling, paramotor (parasut dengan motor), paralayang, dan swayasa. Selain itu terdapat landasan pacu yang cocok untuk pendaratan pesawat kecil dan pesawat latih. 
Jika Anda ingin bermalam, disini juga tersedia Lido Lakes Hotel, yang telah berdiri sejak tahun 1935. Fasilitasnya yang unik adalah Terrain Vehicle (ATV) yang menyerupai motor besar untuk berjalan-jalan mengelilingi hutan lindung.

Lokasi: Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

  • GUNUNG GEDE PANGRANGO..

Datang dan nikmati keindahan alam di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, salah satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia dan ditetapkan sebagai World Heritage Site. Dengan ketinggian puncak kurang lebih 3.019 m dpl, kawasan seluas 15.196 ha ini mencakup tiga kabupaten, yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Taman nasional ini juga merupakan kawasan hutan terbasah di Jawa Barat disebabkan tingginya curah hujan setiap tahunnya. Di sini Anda akan melihat sekitar 250 jenis  tumbuhan, serta berbagai jenis hewan langka seperti burung Elang Jawa (spizaetus bartelsi), empat jenis primata, dan beberapa jenis mamalia dan reptilia. Banyak atraksi wisata yang bisa dilakukan di daerah ini, seperti hiking, climbing, camping serta menyaksikan keindahan alam atau fenomena alam yang ada  seperti Telaga Biru, air terjun, air panas, Kawah Gunung Gede, dan alun-alun Suryakencana. 

Lokasi: Kecamatan Pacet

  • CURUG CILEMBER..

Datang dan nikmati daya tarik tujuh air terjun Curug Cilember. Selain curug (air terjun) keempat yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda, mempercepat dapat jodoh, serta dapat menyembuhkan penyakit, tepat di atas lokasi curug tujuh tedapat sebuah makam keramat yang setiap harinya sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berziarah dan mencari berkah. Menurut sejarahnya, makam ini bernama makam Embah Jaya Sakti yang masih memiliki garis keturunan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Biasanya jumlah penziarah mencapai puncaknya setiap bulan Rabiul Awal.

Lokasi: Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor

  • GUNUNG SALAK..

Bagi Anda penggemar geologi, Gunung Salak mungkin bisa menjadi daya tarik utama kunjungan Anda di Kabupaten Bogor. Terbentuk di atas endapan batuan hasil kegiatan pra-Gunung Salak, gunung ini berbentuk perbukitan tua yang menyebar dan terpisah, seperti Gunung Peuteuy, Gunung Menir, Gunung Menyan dan Gunung Cileueur. Bukit-bukit tersebut terletak di sebelah utara dan barat laut, dan terdiri dari lava andesit, breksi tuf, dan lava kaca. Di sebelah barat komposisinya terdiri dari lava basaltik berwarna hitam gelap; sedangkan singkapan yang baik terdapat pada aliran Cikuluwung dan Cisalada di bagian hulu; pada dasar dan tepi sungai singkapan berupa lava berstruktur kekar lempeng; dan di bagian hulu singkapannya, berupa breksi lava.
Beberapa ahli mengatakan bahwa Gunung Salak termasuk gunung api tipe B karena gunung tersebut berada dalam tingkat solfatara. Gunung Salak pernah meletus setelah tahun 1600 dan letusan terakhir terjadi pada tahun 1983, sekalipun hanya berupa letusan preatik di kawah Cikaluwuung Putri. 
Selain bentukan geologisnya yang menarik, Gunung Salak juga menawarkan bentangan alam yang asri, lengkap dengan cerita dan mitos metafisikanya yang sangat kental, menjadikan gunung ini masih tetap alami serta terselubung oleh kabut misteri yang kuat dan belum terpecahkan sampai saat sekarang.

sumber :   http://www.disparbud.jabarprov.go.id



Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

2 Responses to tempat wisata alam di Bogor

  1. imsfly mengatakan:

    wow tempatny indah banget sob….?

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: