jangan sakit nak

Jangan sakit nak

Sakit, tentu tidak di inginkan oleh semua orang, usaha pencegahanyapun di lakukan dengan berbagai cara. Tapi kalau Tuhan berkehendak, siapa yang kuasa unuk menolak.

“Jangan sakit nak”, kata itu yang keluar dari mulut istri kemarin saat mendapati Thandy sepulang salat Id dari Mesjid suhu badanya panas. Istri segera saja memberikan obat penurun panas yang tersedia di rumah sebagai langkah pertolongan pertama. Sayang tuh si obat tak mempan hingga sore suhu tubuhnya tak kunjung reda, akhirnya Thandy saya bawa ke dokter di antar sama adek, sementara mamahnya nunggu di rumah.

Sepulang dari dokter mamahnya bertanya “Apa kata dokter ?”, sayapun menjelaskanya. Nah setelah mendengar penjelasan langsung saja Mamahnya nyerocos hehe “Kata mamah juga apa Thand, kalau mamah ngomong itu ya di dengerlah, jangan hanya iya Mah, iya Mah, kan kalau udah sakit gini semua jadi repot. Mamah melarang Thandy jangan jajan senbarangan itu karena Mamah sayang Thandy, inimah kebalik kalau di suruh makan, susahnya minta ampun dan bla bla bla masih panjang……..dan masih lebar”

Mendengar Sang Istri nyerocos jadi inget waktu kecil dulu, kadang saya juga suka melawan sama orang tua dan sepertinya bukan hanya saya saja yang suka melawan mungkin juga termasuk Anda hehe… Maaf ini baru mungkin sekali lagi maaf.

Kebawelan orang tua sama anaknya itu pada dasarnya di dasari rasa kasih, rasa sayang, rasa cinta, orang tua tidak ingin melihat atau mendengar hal hal yang tidak di inginkan terjadi pada anaknya. Orang tua, setidaknya jauh lebih berpengalaman, jadi……… sebawel apapun orang tua, itu semata demi kebaikan kita. Semoga ada yang setuju.

sekian dan selamat malam..

About kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

62 Responses to jangan sakit nak

  1. 'Ne says:

    Semoga cepat sembuuh ya kang anaknya.. anak kecil kalau lagi sakit kasihan..

  2. Yan shu says:

    Betul bgt kang..
    Tapi namanya bocah, pengen coba2..
    Sabar wae lah..

  3. yisha says:

    met bawel, kakaaaaaaaa…….. 👿

  4. violetcactus says:

    waw, kalo sudah jadi orang tua pasti bisa merasakan sendiri ‘suka dukanya’ menasehati anak ya Pak..

    saya juga percaya kalo maksud orang tua itu, betapa pun ga enak bicaranya kadang, sebenarnya baik. hanya mungkin cara dan waktu penyampaiannya itu yg kurang tepat yang bisa bikin agak dongkol, cuma masuk trus keluar lewat telinga..

    *moga Thandy lekas kembali sehat..

    • kangyaannn says:

      iya, suatu hari nanti akan merasakanya juga…

      sekedar pengalaman banyak cara yang sudah di coba dengan mengingat tempat, waktu, situasi dsb.. bahkan memposisikan diri saya/istri sebagai temenya juga sering di lakukan…

      terima kasih doanya…. amiin amin..

  5. SanG BaYAnG says:

    Saya juga setubuh Kang.
    Pada dasarnya.., nasihat orang tua itu tetep baik.., cuma kitanya saja yang kadang badung.. :mrgreen:
    Namun kalau kebawelan ya jadi jengkel atu Kang.. 😆

    • kangyaannn says:

      oke gan makasi….

      ini masalahnya menasehatinya entah sudah berapa ratus kali dengan gaya seorang bijak, tapi tetap gak di gubris… sebagai manusia pada titik tertentu sangat wajar tidak bisa mengontrol emosi maka omelanlah yang keluar, nyerocos khas….

  6. Darmanto Muat says:

    Memang klasik Kang klo anak rada ngeyel ama yg dinasihatin ortu apalagi masalah jajan menjajan. begitulah.. saya pun dulu demikian.. heheh..
    tapi, semoga sekarang dah sehat ya Kang si buah hati.. aamiin,,… 🙂

  7. Ikakoentjoro says:

    Kalo saya daripd nyerocos lebih efektif kalo dinasehati lewat buku ataupun cerita. Kaya’nya nasehatnya lebih gampang masuk ke anak2 dech.

  8. lieshadies says:

    Udah baikan anaknya Kang…semoga lekas sembuh ya Thandy…

  9. mintarsih28h says:

    setuju kang kalau ortu bawel kerna tak mau buah hatinya menderita

  10. narno3 says:

    anak sakit megingatkan kita waktu kecil, sekaligus ini menjadikan kita untk lebih bersabar, memang kalau bisa anak jangan sakit lebih baik ortunya saja tapi itu semua sudah kehendak Yang Maha Kuasa. semoga cepat sembuh

  11. Irfan Handi says:

    Arvin Kecil juga sedang sakit nih mas, tapi alhamdulillah sekarang sudah baikan. Rata-rata anak kecil di sekitar tempat tinggal saya pada sakit, mungkin karena perubahan cuaca yang gak menentu ini ya Mas? Semoga Thandy sekeluarga selalu dalam lindungan Allah. Amin…

  12. bensdoing says:

    proses itu skrg berulang kpd kt sbg ortu…

  13. rit95 says:

    Mga cpt sembuh anaknya yah bang. .

    Misteri Nessie,kisah legenda Dinosaurus raksasa yang selamat dari kepunahan dan tinggal didanau lochness,skotlandia.http://erit07.wordpress.com/2012/10/27/nessiedinosaurus-dari-danau-lochnessskotlandia/

  14. izzawa says:

    thandy umurny berapa kang??
    moga thandy cepat sembuh ya kang….

  15. Hijihawu says:

    Alhamdulillah kalau Thandy sudah lebih baik Kang. Saya juga cerewet tentang beli makanan mah, harus yang sudah dikenal minimal muncul diiklan, biar lebih terjamin produknya.

    • kangyaannn says:

      iya teh….

      pinginya kita kita orang tua ya kalau anak jajan itu ya, yang bergizilah, inimah gimana keserinagn jajanya makanan ringan yang gak bikin kenyang…

  16. mama hilsya says:

    persis si bungsu nih.. kalo udh sembunyi2 jajan aneh2.. langsung ketauan..
    dikasih tau sih tiap hari, tp tetep aja.. bocah

  17. Dani says:

    Semoga Thandy sehat selalu ya Kang. Kasihan kalo anak kecil sakit. Orang tua pastinya selalu menginginkan yang terbaik buat anaknya ya Kang..

  18. Ilham says:

    moga lekas sehat si Thandy… anak2 emang senengnya jajan. gak terkecuali saya dulu. hihi

  19. cumakatakata says:

    Thandy udah baikan kan A’..
    iya A’.. setuju dengan paragraf terakhir itu yang dibilang bapak saya kl saya habis diomelin ibu, hehe 😛
    terima kasih sudah mengingatkan hal2 yang Indak A’…

  20. Erwin says:

    gimana sekarang kabar Thandy, kang? semoga segera sehat kembali ya… 🙂

    • kangyaannn says:

      Alhamdulillah mbak, baekan… amiin amin, makasi doanya..

      • Ely Meyer says:

        syukurlah kalau Thandy dah sembuh Kang, mnrtku makan paling enak , aman dan terjamin itu makan di rumah, pengalaman setelah menikah biasa masak sendiri krn nggak ada warung 🙂

        • kangyaannn says:

          iya mbak makasi…
          setuju mbak, tapi anak kadang sering gak mengerti… lebih suka makan makanan yg sifatnya kurang baik untuk kesehatan…

          • Ely Meyer says:

            jangankan seorang anak Kang, orang saya dulu pas masih lajang juga suka sering jajan sembarangan, pernah kepergok sekali makan di warung yg menyebabkan semalaman saya hrs bolak balik ke belakang, sampai paginya diajak ke dokter oleh shbtku dalam keadaan setengah nggak sadar 😦

          • kangyaannn says:

            jadi pengalaman yg gak terlupakan ya mbak, kalo sampai ke doter aja dalam keadaan setengah sadar…

            moga cukup sekali saja mbak….

          • Ely Meyer says:

            iya Kang, padahal saat itu jajannya bareng shbtku, aku yg kena, mungkin krn saat itu aku lg nggak fit, pas lagi bangun rumah kecil kecilan, riwa riwi dari rumah kontrakan ke rumah baru yg belum jadi tiap hari ngurusi bapak dan mas mas yg bangun rumah belum msh mengajar tiap hari, aku deh yg kena, pas semalaman bolak balik ke belakang itu rasanya aku spt melayang lho kang , spt ada bayangan hitam raksasa di kamarku, nggak tahu apa itu namanya juga aku lg nggak sadar saat itu kang, yg kupikir setelah sembuh mungkin malam itu aku sudha setengah mati kali ya 😦

          • kangyaannn says:

            kalo gitu gak jauh beda dg Thandy mbak, belum lama bantuin mamahnya ngurusi air hujan yg nyaris masuk rumah, udah beberapa kali di ingatkan gak usah ikut ikutan eh malah sengaja ujan ujanan, nah kenyataanya yg di takutkanterjadi. emang kalo kondisi kurang fit itu sebaiknya jangan memaksakan diri, baiknya istirahat…ya mbak ?

            waduh,,, bayangan hitam itu bayangan apa mbak El…?

          • Ely Meyer says:

            nggak tahu aku kang, khan aku lg nggak sadar saat itu, aku jg bukan tipe org yg suka percaya genderuwo dsb, soalnya kalau percaya pikiranku mungkin malah akan ditemu heheheh jd ya ngga tahu itu bayangan apa, atau kali itu seperti mimpi jg nggak tahu kang, cuma seperti nyata saja di depanku aku ya saat itu sibuk bolak balik ke belakang ya ngak nggubris kang, mungkin beda kali ya kalau aku sadar ?

            sejak itu aku usahakan kang masak sendiri di rumah dgn shbtku sebelum murid murid datang, atau kalau makan siang di warung ya milih warung yg bersih, ngecek sampai di dapur warungnya

          • kangyaannn says:

            hampir sama dg saya, antara percaya dan tidak hehe

            iya mbak mending masak di rumah, kan kalau masak sendiri segala sesuatunya jadi pasti …

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.