tugu kujang

tugu kujang

Kota Bogor mempunyai beberapa icon sebagai kebanggaan warga..Salah satunya Tugu Kujang.. Kalau kita memasuki kota Bogor melalui jalan tol Jagorawi pasti akan melewat jl Pajajaran..Di jl Pajajran ini tugu Kujang kokoh berdiri,,Lebih tepatnya di depan Botanical Square yang bersebelahan dengan kampus IPB, ujung jl Kebun Raya Bogor..Tingginya sekitar 25 m di atas lahan 26m x 23m persegi di bangun 4 Mei 1982..

Ornamen berupa senjata kujang yang berdiri kokoh di atas Tugu. Memiliki berat  kurang lebih 800 kg, tinggi pusaka mencapai 7 m. Untuk mempercantik penampilan pusaka maka dilapisi dengan bahan stainless steel, tembaga dan kuningan..

Kujang itu sendiri merupakan salah satu senjata pusaka etnis Sunda yang di yakini memiliki kekuatan gaib..Kemudian oleh masyarakat di kota Bogor di jadikan sebagai lambang kota Bogor..Untuk mengenangnya maka di bangunlah tugu seperti yang kita lihat sekarang..Yaitu tugu Kujang..

Letak tugu Kujang di persimpangan jalan yang padat jadi tak pernah sepi..

Advertisements

About kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: