Membahayakan diri sendiri

membahayakan diri sendiri

Dalam keseharian selalu di suguhi pemandangan jalan dengan berbagai aktifitasnya para pengguna jalan, sering kali melihat pemandangan yang lucu,unik, menghawatirkan, membahayakan dan gak munafik kadang memanjakan mata.

Tingkah para pengguna jalan dengan berbagai karakter dan latar belakang yang berbeda kalau di cermati banyak memberikan pelajaran yang bisa di ambil.

Kembali ke judul.

Bukan pemandangan langka, melihat para pengguna jalan khusus pengendara roda dua saat di jalan dalam keadaan kendaraan yang sedang berjalan, mereka kho memaksakan diri untuk es em es-an. Menurut saya, ini perbuatan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, menambah resiko terjadinya kecelakaan semakin tinggi. Belum lagi dengan di abaikanya keamanan lainya, seperti tidak memakai Helm, kaca spion yang tidak terpasang ban yang gundul dst.

Membaca dan membalas pesan membuat konsentrasi jadi terbagi, padahal konsentrasi penuh saat berkendara itu harus, kesetabilan mengemudi dengan satu tangan kurang setabil jauh lebih setabil dengan dua tangan. Harus di ingat di jalan itu banyak pengguna jalan yang lain. Janganlah sampai terjadi hal yang tidak di inginkan oleh semua, itu terjadi karena ulah ke egoan asyiknya es em esan. Hemat saya sekiranya saat berkendara abaikan saja dulu es em es yang masuk atau ya berhenti saja dulu barang sebentar, toh itu lebih aman dan nyaman.

Seperti itulah ulah sebagaian pengguna jalan di daerah saya di jalan aspal berlubang berdebu. Mungkin hal seperti itu tidak terjadi di daerah saudara.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Safety Riding dalam mengendarai sepeda motor diantaranya ;

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Safety Riding dalam mengendarai sepeda motor diantaranya ;

Sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan dipakai. Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan yaitu: bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai / aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.

Pastikan STNK, Surat Tanda Nomor Kendaraan selalu dibawa sebagai bukti bahwa kendaraan yang dipakai legal

SIM, Surat Izin Mengemudi selalu dibawa sebagai bukti untuk mengendarai kendaraan

Gunakan helm standar, kaca helm harus bersih, helm bisa full face atau half face.

Gunakan sarung tangan yang mudah menyerap keringat serta tidak licin saat memegang handle motor, lebih baik lagi bila dilengkapi bahan keras dibagian depan tangan

Pakai jaket yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan baik kecil maupun besar, bila perlu pakai rompi khusus. Pertimbangkan juga ventilasi yang baik agar jaket nyaman digunakan.

Jika berkendara dalam keadaan gelap, ada baiknya menggunakan jaket/rompi dengan warna fluorecent.

Gunakan jas hujan yang terpisah (atasan+celana) dengan bahan yang tidak gampang sobek dan tidak tembus air

Pakai sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki. Minimal menutupi daerah mata kaki. Jangan biasakan menggunakan sandal saat berkendara.

Dengan mentaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas. Menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara. Dan yang paling penting adalah membiasakan diri sendiri menerapkan prosedur standar keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya. Hal ini dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelaka

sumber tips dari sini

 

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

38 Responses to Membahayakan diri sendiri

  1. violetcactus mengatakan:

    di tempat saya juga sering saya jumpai pengendara motor yg sambil sms-an ataw apa gitu..

    saya juga kadang melamun *bukan melamun tepatnya, tapi ga tau mau disebut apa – perhatian yg terbelah* kalo di jalan.
    kadang sampai tak habis tanya, kok bisa saya selamat sampai sini ya..

  2. cumakatakata mengatakan:

    Alhamdulillah sejarang saya lebih mematuhi aturan lalulintas A’…
    heheeee…. pemandangan yang memanjakan mata contohnya gimana A’?

    • kangyaannn mengatakan:

      syukur gan, kalau udah bisa mematuhi peraturan lalinmah…

      hehe kalo kita jujur sebagai laki laki mau mengakui pasti pemandangan yg memanjakan mata bisa di peroleh di jalan juga gan…
      contoh wanita cantik bawa motor gede dengan rambut panjangnya yg tergerai tertiup angin gan…

  3. Ni Made Sri Andani mengatakan:

    saya kadang-kadang melamun kalau di jalan he he

  4. narno3 mengatakan:

    membahayakan diri dan juga orang lain, tanpa disadari

  5. mintarsih28 mengatakan:

    paling tidak suka klo pengendara sms-san, seperti orang sibuk saja

  6. fauzanmm mengatakan:

    haha, ak sering begitu😀
    smsan dijalan🙂

  7. izzawa mengatakan:

    untungnya saya nggak bisa bawaa kendaraan apapun jenisnya,.,,
    kalo jalan kaki sambil es em es an kira2 bahaya juga gak ya kang yan?????????/

    • kangyaannn mengatakan:

      waduh yang bener Za,,,,,??

      kalau gak ati ati sama aja Za… pernah kejadian di deket tempat saya kerja seorang abegeh putri nyebrang jalan sambil smsan akibatnya dia terserempet kendaraan dan di larikan ke puskesmas…

  8. Darmanto Muat mengatakan:

    hehehe.. klo saya langsung saya deketin tuh pengendara sambil bisikin, “DAPET DARI NEMBAK LU YA SIM NYAAAAAA…!!!!”
    puas deh..😆

  9. Gmc Paradise mengatakan:

    Jangan saling menyalahkan, sama2 pengguna jalan…hihihihi peace
    mampir http://gombongmotorcommunity.com

    • kangyaannn mengatakan:

      maaf gan..
      saya gak punya hak untuk menyalahkan… ini hanya tulisan yg terinspirasi para pengguna jalan dan hanya pendapat saya. adapun sedikit saran di post di atas itu hanya sekedar saran saja…

  10. Sang Dewi mengatakan:

    mungkin mereka punya sembilan nyawa kang heheee

  11. Ibnu waladin mengatakan:

    Iya tuh sob gak takut terjadi apa apa dgn kebiasaan itu, yang lihat aja miris…

  12. yisha mengatakan:

    makanya, yisha ngga punya hape. sebab, hape tuh pengen dipencet mulu…….
    manja bangetssssssss…..

  13. JNYnita mengatakan:

    Emang gemes banget sama pengendara motor,, bukannya sentimen tp mrk yang gak disiplin… gemesnya lagi kalau mrk yg ngasih muka galak ke saya, pdhal dy yang salah… huaaaa….
    Yang suka bikin macet total juga motor,, pas lampu merah, mereka maju lebih dari yang seharusnya dan jalan sebelum lampu merah berganti jd lampu hijau.. akibatnya di pertemuan cabang isinya motor semua, kendaraan lain udah gak bisa jalan.. untungnya saat itu saya naik angkot, jd bisa jalan kaki… #curcol
    Padahal safety juga buat diri sendiri..
    Gpp lah bertambah waktu perjalanan atau ketinggalan gosip sebentar, yang penting aman sampai rumah.
    Sekian. ^^„

    • kangyaannn mengatakan:

      bener mbak dia nyalip seenaknya dari lajur kiri, belok tanpa sein dll.
      kalau temen saya pernah merasa tersinggung di katain pengendara motor saat dia nyebrang,,, dia kejar motor itu dan di hajar sampai terjungkal..

      mungkin ini akibat terlalu mudahnya syarat kepemilikan s motor jadi semakin hari pemilik s motor semakin banyak…

      iya mbak alon alon asal selamat saling menghargai pengguna jalan harus di tanamkan dalam diri pengendara…

  14. SanG BaYAnG mengatakan:

    Iyah nih Kang pengguna jalan kadang pada membahayahakan diri dan membahayakan orang lain. Seperti halnya saya yang waktu itu lagi nongkrong (begadang) diatas sepeda motor bareng temen-temen. Eh, tiba-tiba saja diseruduk pengendara sepeda motor lain, otomatis saya dan tiga temen saya plus sepeda motor yang diparkir pada bergulingan. Setelah usut punya usut, ternyata ada yang bersaksi kalau pengendara itu sedang es em es-an.. #waktu itu, apes saya.. hehehe.

    • kangyaannn mengatakan:

      begitulah gan di jalan.. banyak kasus kecelakaan terjadi karena ulah kecerobohan pengendara, orang lain jadi korban…

      wah wah wah… di sruduk motor liar pasti gak enak hehe
      parahkah gan ?

  15. Ely Meyer mengatakan:

    belum pernah lihat yg begituan di sini kang, hbs jarnag ada motor di sini, kalaupun ada biasanya mereka ndak berani ber sms an, kalau ketahuan bisa kena denda mahal

  16. Hijihawu mengatakan:

    Saya perhatikan jika pengendara motor lagi sms-an, jalannya agak megal megol dan ke tengah. Membahayakan diri sendiri dan orang lain. Kalau sudah menghalangi, saya klakson yang banyak saja Kang.

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: