sensasi mancing gurame

sensasi mancing gurame

Ikan gurame,  pasti sudah pada tahu..Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan herbifora yang suka memakan daun talas, daun singkong dll..Tapi mungkin tidak semua tahu karakteristiknya..Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang punya sifat teritorial. Ikan gurame sangat menjaga daerah kekuasaanya..Jadi kalau mau memancingnya harus menggunakan tehnik tersendiri..

Para mania mancing juga biasa menggunakan umpan hidup..Di antaranya cacing, capung, kecoa, jangkrik dan masih banyak lagi..Kalau sang ikan tetap tidak mau menyambar umpan, coba hentakan joran perlahan saja..  Tujuanya agar umpan kelihatan lebih atraktip agar bisa menarik perhatian sang ikan. Tapi menggunakan umpan peletpun bisa, caranya pellet di seduh air panas di campur sedikit essen udang jangan lupa di aduk sampai rata..

Tapi lazimnya para mania lebih suka menggunakan umpan hidup seperti jangkrik atau kecoa yang caranya, tusukan kail di bagian punggung umpan, usahakan umpan tetap hidup agar bisa bergerak-gerak di air tujuanya agar menarik perhatian sang ikan..

Waktu memancingpun harus jadi pehatian, baiknya mancing ikan gurame di pagi hari atau saat cuaca teduh..Membutuhkan keadaan atau kondisi yang tenang ,jadi jangan berisik , jangan banyak gerakan karena ikan gurame di kenal salah satu jenis ikan yang sensitipe..Kalau suka pakai pelampung baiknya menggunakan tehnik di gantung, antara pelampung dan umpan cukup berjarak sekitar 30 cm saja..Bisa juga menggunakan umpan yang sengaja di biarkan mengapung di atas permukaan air..

Saat melempar umpanpun coba pilihlah lokasi di sekitar , kalau ada sesuatu yang di tancapkan, ranting pohon yang mengapung atau pilih lokasi di balik bayang pepohonan..Ikan gurame suka di tempat-tempat seperti itu..

Untuk perlengkapan mancingpun harus lebih siap kalau mau mancing ikan gurame di kolam pemancingan. Terutama senar/kenur harus membawa dengan beragam ukuran dan membawa mata kail harus agak banyak..Penggunaanya di lokasi di sesuaikan dengan ukuran ikan yang mau di pancing..Karena ikan gurame yang berukuran besar di saat stike akan memberontak berusaha untuk melepaskan diri..Jadi perlu senar/kenur yang lebih kuat..

Sekedar pengalaman saat mancing ikan gurame di kolam pemancingan..Waktu itu ukuran besarnya ikan tidak tau seberapa besar dan ternyata ikanya besar-besar..Sedangkan membawa peralatan mancingpun seadanya, yang ada di dalam tas pancing yang biasa di bawa ke kolam pemancingan harian..Karena persiapan yang minim ya itulah yang terpaksa di pakai..Beberapa kali strike dan merasakan sensasi tarikan ikan gurame hanya sebentar saja..Karena  tali/kenur yang di pakai ukuranya tidak sesuai jadi putus lagi-putus lagi..Akhirnya rasa kecewalah yang ada..

Ada baiknya mania yang mau mancing ikan gurame membawa kain yang agak tebal..Gunanya untuk menangani ikan yang berhasil di angkat karena biasanya ikan gurame yang berhasil di angkat masih terus berontak,sirip gurame yang tajam akan berdiri di barengi dengan meronta-ronta..

Untuk melepaskan kail dari dalam mulut ikan ynag berhasil di angkat bisa dengan cara mengguntinya.. Tapi kalau ikan mau di bawa pulang dalam keadaan hidup gunakan alat pelepas kail ,terus jangan masukan gurame ke dalam koja..Gunakan wadah seperti ember yang cukup besar dan pastinya di kasih air terus bagian atas ember di tutup dengan kain..Agar ikan tidak mengalami stress atau berusaha untuk loncat..

Hanya sekian saja dan semoga bermampaat..

Advertisements

About kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: