mengenal piranti mancing

Mengenal piranti mancing..

Penghobby mancing semakin hari semakin banyak, ada yang hanya sekedar iseng tapi ada juga yang keterusan, ketagihan (kecanduan).. Mancing itu sendiri ada yang gratis ada juga yang berbayar seperti di kolam pemancingan..

Untuk para pemula yang baru terjun ke dunia per-mancingan ada baiknya kita mengenal alat (piranti) mancing dan pungsinya dulu..

Diantaranya :

1. Joran.

Joran salah satu alat yang sangat di perlukan dimanapun kita mau mancing..Pungsinya untuk melempar umpan ke spot yang kita tuju di suatu lokasi mancing..Joran juga berpungsi untuk menghentak kail (umpan) yang sudah di makan ikan..Tapi ada juga memancing yang tidak memerlukan joran..

2. Senar.

Senar sangat di butuhkan dalam memancing ikan..Hehe karena tanpa senar kita mau menggunakan apa? Senarpun ukuranya berpariasi. Tinggal kita menyesuaikan dengan lokasi dimana kita mau memancing..

3. Reel.

Reel berpungsi untuk menggolong senar. Reel bisa juga di gantikan dengan apa saja yang pada dasarnya bisa di pakai untuk menggolong senar. Ada juga mancing yang tidak memerlukan reel. Mancing dengan joran tegeg tidak memerlukan reel. Senar pancing cukup di ikatkan di bagian ujung joran.

4. Kail.

Kail merupakan piranti yang wajib dalam memancing. Ukuran mata kailpun sangat beragam. Malah ada mata kail yang khusus untuk ikan ikan tertentu. Yang membedakanya dari bentuk dan ukuranya..

5. Umpan.

Umpan mungkin bisa dibagi tiga..

@. Umpan racikan, umpan yang di racik sendiri dengan bahan bahan yang di sesuaikan dengan lokasi tujuan kita memancing..Karena tidak semua umpan racikan bisa di pakai di semua lokasi mancing.

@. Umpan alami,umpan yang secara alami jadi makanan ikan itu sendiri. Misalnya cacing tanah, jangkrik, cangkilung, uter dll. Ada juga umpan alami berupa butir biji padi yang masih hijau, lumut, pucuk, daun ketimun. Umpan tersebut biasanya di pakai dengan target ikan ikan tertentu saja..

@. Umpan sintetis, umpan sintetis sudah banyak di produksi dengan bahan dan bentuk yang beraneka ragam. Kebanyakan umpan sintetis di pake saat mancing di laut.

6. Pelampung.

Pelampung pungsinya untuk mengetahui saat umpan kita di sambar ikan pelampung akan bergerak gerak ke atas ke bawah kalau umpan kita di sambar ikan. Jarak pelampung dengan mata kail harus di sesuaikan dengan kedalaman kolam. Pelampung tidak mutlak dalam memancing.

7. Pemberat.

Pemberat pungsinya untuk menenggelamkan umpan. Besar kecilnya harus di sesuaikan dengan keperluan.

8. Anting anting.

Anting anting punya pungsi untuk mengaitkan pelampung. Caranya anting anting di masukan ke senar dan di batasi oleh stoper. Jadi kita akan dengan mudah kalau mau ganti pelampung tinggal membuka ganti yang di inginkan dan mengaitkanya kembali.

9. Stoper.

Stoper berpungsi untuk membatasi pelampung. Cara kerjanya hanya tinggal di naikan atau di turunkan saja sesuai dengan keperluan.

10. Koja 

Koja tempat menampung ikan hasil tangkapan kita..

Tapi masih banyak lagi piranti yang di perlukan saat memancing.

Semoga artikel di atas bisa bermampaat bagi para calon mania mancing..

Iklan

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

10 Responses to mengenal piranti mancing

  1. Hari says:

    Maaf gan.. bukan skeptis atau menghina… cuma kasih saran aja..
    Alangkah baiknya kalau Blog anda ini sudah mencantum kan Merk, tipe atau ukuran berdasarkan kebutuhan.. setidak apa yg anda pake sekarang ini. kl cuma bicara perlengkapan, anak kecil aja udah tau apa yg dibutuhkan buat mancing.. maaf gan sekali lagi.

  2. andika says:

    mau tnya nich kma ahli mancing emg reel yg bgus ciri2nya apa n merk apa……???trimz

    • uyayan says:

      hehe kalau di bilang ahli ga juga, hanya saja suka aja gan…
      untuk pertanyaannya… dari segi harga gan reel yang bagus pasti harganya mahal dan dari fisiknya saja bisa di bedakan reel yang bagus dan tidak terus kalau di pake putaranya terasa enteng…
      terus untuk merk saya memilih daiwa dan shimano gan….

  3. elfarizi says:

    peletna mana, kang? hehe 😀

  4. Ely Meyer says:

    banyka juga ya pirantinya

  5. yisha says:

    aku ngga bisa mancing… 😥

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: