mancing belut

mancing belut

Pulang mancing dari pemancingan saya melihat beberapa orang yang lagi asyik mancing belut di pematang sawah..Jadi ingat masa-masa kecil dulu waktu masih di kampung halaman hehe..Dulu kalau lagi semangat-semangatnya bisa setiap hari mancing belut bersama teman dan suka lupa waktu..

Ada beberapa kejadian yang sampai sekarangpun masih ingat ..Salah satunya saat mancing di sawah bersama seorang teman..Saat dia lagi memastikan sebuah lubang belut dengan cara memasukan telunjuknya ke dalam lubang yang di anggap lubang belut, tiba-tiba dia teriak sambil menyentak tanganya yang tadi di masukan ke dalam lobang. Tak di sangka belut sebesar jari nempel menggigit ujung jari dia..Diapun secara sepontan menyentak tanganya karena saking kagetnya mungkin..Saya langsung teriak berkelakar “ Udah jarinya potong aja buat umpan pasti bagus buktinya barusan langsung di sambar saja hahahaha…” Semantara dia masih terdiam kagetnya belum abis kali..

Sekedar sharing aja, adapun belut umumnya hidup di tempat yang selalu berair seperti di sawah, di empang, di selokan dll..Belut yang ada di sawah kebanyakan kecil-kecil warnanyapun agak kehitaman beda dengan belut yang hidup di kolam biasanya belutnya lebih besar dan warnanya kekuningan..Pernah mancing di kolam dapat belut satu ekor beratnya sampai ½ kg..

Untuk mencari lubang belut di sawah sangat gampang karena lubang belut tidak sama dengan lubang kepiting..Lubang belut kebanyakan bulat dan pasti berair setinggi permukaan air sawah dimana kita memancing..Kalau lobang kepiting bentuknya gepeng..Tapi menentukan lobang belut di kolam agak susah, biasanya kalau mancing di kolam asal ada lobang pasti di masukin pancingan catatan jangan iseng di masukan jari ke lobangnya siapa tahu yang di kira lobang belut ternyata lobang ular..

Untuk umpan mancing belut sangat gampang cukup pake cacing  atau anak katak sawah ( ceuk urang Sundamah Berenyit )..

Pancingan belutpun sangat sederhana bisa pancingan buat ikan biasa atau bisa juga bikin sendiri dari kawat yang berdiameter sangat kecil tapi harus kuat..Untuk talinya cukup dengan beberapa lembar snar/kenur, terserah sesuaikan dengan keperluan dan panjangnya juga terserah tapi harus di pilin..Tujuanya agar tali pancing agak kaku dan mudah masuk ke dalam lobang..Tapi kalau mau lebih praktis tinggal beli saja di toko alat pancing pasti ada..

Tehnik mancingnya juga gampang, kalau sudah menemukan target lobang yang di yakini ada belutnya tinggal masukan saja pancingnya hehe jangan lupa di kasih umpan dulu..Tip..Agar belut cepat merespon umpan yang di masukan ke lobangnya, pelintir-pelintir tali pancing secara halus..Cra ini biasa saya lakukan dan hasilnya lumayan..

Kalau ingin mendapatkan belut yang berukuran besar mancingnya di kolam atau di selokan/ parit yang tanah artinya tidak di tembok..Dan kalau kebetulan dapat moa hati-hati saat akan melepaskan kail moa agak galak dan suka menggigit..

Sensasi mancing belut adalah saat sedang tarik ulurnya antara pemancing dan belut..Sekedar ngasih tahu saja jangan di paksa terus di tarik saat belut sedang narik, biarkan saja dulu sang Belut narik tapi tali pancing jangan pernah di kendurkan harus tetap dalam posisi tegang..

Kata orang Belut sangat enak dan gurih, kalau yang kecil di goreng garing kalau yang besar di deng-deng dulu baru di goreng..Sajikan sama nasi putih hangat dan lalapan jangan lupa sediakan sambal..

Tapi saya gak suka makan belut hanya suka mancingnya doang hehehe…

Siapa tahu ada yang abis mancing belut ini ada resep menggoreng belut..

Belut Goreng Tepung 
 
Bahan-bahan :

  • 500 gram belut yg sdh bersih direndam dg air jeruk nipis selama 15 mnt
  • minyak untuk menggoreng
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 175 ml air

Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 3 cm kunyit
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat :

  • Aduk bumbu halus dan tepung (+ air dan telur) hingga rata.
  • Celupkan belut ke adonan tepung lalu goreng dalam minyak panas.
  • Gunakan api kecil. Goreng sampai matang/kering.

Salam ….

Sumber resep : http://www.resep-masakan.net/resep-detail.php?id=1642

Iklan

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: