comro

Comro..

Coooombroooooooooo…………. Barade yeuh comro, hanet keneh..

Pas duduk di depan PC, kemudian menyalakanya tiba tiba ingat sama comro yang tadi siang saya makan di pemancingan. Comro made in Ceu Acih c mpunya warung sederhana di pemancingan memang enak, kering, rasa pedes dan bumbu oncomnya begitu pas apalagi di makanya saat masih hangat, pokona mantaplah.

Comro di pemancingan ini bisa di bilang makanan khas yang hampir selalu ada pada hari Jumat dan Minggu. Entah kenapa ia selalu hadir, entah karena permintaan pemancing atau bagaimana saya kurang tahu. Comro di pemancingan ini menjadi pengganjal perut dari rasa lapar para pemancing. Maklum saja mancing mulai jam 13.30 berakhir  jam 17.30 pasti perut minta di isi. Selain comro ada juga jajanan lainya, kadang ada goreng tempe atau gehu, mie instan dan kopi juga ada.

Waduh hampir lupa ne, mungkin saja banyak yang belum tahu apa itu comro ?

Banyak yang mengatakan bahwa comro itu adalah makanan khas dari Jawa Barat. Bahan dasarnya singkong yang di parut serta bagian dalamnya di isi dengan sambal oncom kemudian di goreng sampai matang tentunya. Nah karena bagian dalamnya oncom maka makanan ini di namailah comro merupakan kependekan dari kata oncom di jero bahasa nasionalnya oncom di dalam. Kalau dari bentuknya sendiri tidak baku ada yang bulat pipih ada juga yang opal pipih tergantung s pembuatnya.

Hehe karena penasaran tadi saya sempat menanyakan resep comro ini pada Ceu Acih. Ini resep comro ala Ceu Acih.

Bahan :

1 kg Singkong parut. 1/2 Butir kelapa parut.  Garam secukupnya.

Untuk isinya:

 1 potong oncom jangan lupa potong kecil kecil… 4 buah bawang merah dan 2 siung bawang putih di ulek (di haluskan)… Cabai rawit menurut selera boleh juga di tambah cabe merah… 3 batang daun bawang dirajang… 3 batang daun seledri juga dirajang.

Kemudian cara membuatnya:

Singkong parut di campur bersama kelapa parut dan garam, aduk sampai rata bila perlu cicipi dulu apakah rasanya sudah pas ?

Kemudian, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah di ulek tadi bersama garam dan gula lalu masukkan oncom , cabai rawit, cabe merah daun bawang dan seledri. Tumis sampai matang. jika sudah di rasa matang silakan di angkat.

Proses pembuatan comro tahap akhir adalah :

Ambil adonan singkong parut tadi besarnya silakan sesuaikan dengan keinginan kemudian pipihkan. Lanjut silakan isi dengan adonan isi yang di buat tadi, bentuk bulat pipih atau oval terserah tergantung selera. Kemudian panaskan minyak, goreng sampai kuning kecoklatan.

Hemmmm aroma wangi comro sudah tercium, silakan menikmati, hehehe ngayal

Itulah hasil mancing tadi siang di samping bawa pulang ikan hasil mancing bawa juga resep comro pemberian Ceu Acih yang saya tulis di sehelai kertas usang. Dalam hati siapa tahu nanti istrikuu ingin membuat comro atau barangkali anda  ingin  membuatnya silakan….

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

24 Responses to comro

  1. elfarizi mengatakan:

    Et oncomna oncom bandung atau oncom mana, Kang? hehehe😀
    Jangan lupa, klo comro itu sodaraan sama misro:mrgreen:

  2. Anak Muda mengatakan:

    jiahh…
    bentar lagi mw jadi cheff ya kang,,, hehehe…
    (#salam kenal)

  3. putrijeruk mengatakan:

    aaaaaaaaaaaaku jadi laperrr :9
    tapi aku taunya itu combro deh hehe

  4. Randeezt mengatakan:

    Wah berkunjung udah disambut makanan, bikin laper aja:mrgreen:

    Kalo di daerah saya kalo gak salah namanya combro ada walaupun gak beda jauh tapi di daerah saya isinya gula jawa gan…

  5. Evi mengatakan:

    Kopi, combro, dan pancing..Yahud banget ya ya kang..

  6. bmaster23 mengatakan:

    mantab gan blog resep sedaapp…
    mampir ya : ok gan mampir ya : http://bmaster23.wordpress.com/2012/04/14/huizone-tv-version-3-1-nonton-tv-di-bb/

  7. Ni Made Sri Andani mengatakan:

    Ada juga yang serupa itu di Bali Kang, tapi isinya bukan Oncom.Melainkan gula merah..

  8. fanz mengatakan:

    bikin ahh 🙂

  9. harjo mengatakan:

    Saya mah, resep makannya, nggak resep nyienna … punten ya Kang, resep bikin comronya nteu dibaca 😀

  10. chuckybugiskha mengatakan:

    patut di coba nih gan resepnya…

  11. Hijihawu mengatakan:

    Wah, mancing mania sejati….

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: