membuat koja

Membuat Koja

Bagi anda yang suka mancing pasti sudah tau apa yang di maksud dengan Koja. Tapi bagi yang tak suka mancing mungkin saja bertanya Koja itu apa ?. Koja adalah tempat menampung ikan sementara hasil memancing di kolam pemancingan harian, terbuat dari benang goodyear atau kenur/senar yang di rajut sedemikian rupa sehingga membentuk suata tempat atau wadah.

Mengenai Koja saya punya sedikit cerita.

Suatu ketika saya melihat seorang teman yang sedang membuat Koja untuk di pakai sendiri artinya tidak  untuk di jual. Saya sangat tertarik ingin bisa membuatnya, maka sayapun ikut pelatihan singkat mulai dari mengenal bahan, alat, teori pembuatan dan sekaligus praktek. Berkat keseriusan belajar ingin bisa dan ketelatenan sang guru (teman yg tadi) saat membingbing, cukup dengan satu pertemuan dan pelatihan saja ahirnya saya menguasai sepenuhnya cara membuat Koja, tinggal praktek sendiri.

Tapi sebelum  praktek ada yang harus di buat dulu yaitu alat untuk membuat Koja tadi. Alatnya cukup sederhana hanya terbuat dari bilah bambu yang di bentuk sedemikian rupa sebagai alat untuk merajut (kalau gak salah namanya coban) dan satu alat lagi sama masih dari bambu untuk ukuran besarnya lobang lobang. Kedua alat sudah jadi tinggal membeli benang goodjear untuk di jadikan Koja.

Singkat cerita Koja pertama/percobaan sukses walau perlu penyempurnaan. Berlanjut ke Koja ke 2 ke 3 dst. Koja yang nampak dalam gambar (masih belum beres) ini proyek koja ke 8, yang di buat iseng memamfaatkan waktu luang di sela sela kesibukan kerja. Dari 7 Koja yang sudah berhasil di buat hanya tinggal 1 saja yang ada itu juga sudah agak jelek hehe. Sedangklan 6 lainya di persilakan di pakai temen. Gratis alias teu kudu meuli. Sok mangga anggo bae.

Kalau di hitung hitung antara membuat dan membeli Koja yang sudah jadi jauh lebih mahal membuat sendiri. Tapi walaupun begitu ada yang tak bisa di nilai kalau membuat sendiri yaitu kepuasan. Rasa puas ini yang membuat saya mau membuatnya.

Lebih dari itu, itulah manusia kadang ada yang mudah atau bisa di permudah, mengapa memilih yang susah tapi ya itu tadi, di balik yang susah itu ada kepuasan tersendiri yang tersembunyi susah untuk di jelaskan.

Lanjut ….

Apalah artinya belajar, berteori dan mengerti tanpa di praktekan , alhasil kurang bermanfaat. Jauh lebih bermanfaat dan berguna dari hasil belajar itu, ya di praktekan sampai mencapai keberhasilan yang memuaskan. Dan tak ada yang susah kalau kita mau belajar dan berusaha sekaligus praktek.

Sekian post kali ini. Seperti biasa post yang tak berati hasil pemikran jalma leutik nu resep ngusep.

Wasallam.

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

32 Responses to membuat koja

  1. elfarizi mengatakan:

    Apa bedanya sama lamit, kang? *maklum, awam*😀

  2. Hijihawu mengatakan:

    Di pipir, di payun, aya balong alit. Kumargi mung resep nuangna wungkul, dianggurkeun tah. Teu aya laukan, mung lele sesa tas ngabedahkeun sareng impun aralit, oge buyur.😀

    Kabayang leukleuk ngadamelna, salut.🙂

    • uyayan mengatakan:

      naha atuh teh Li sanes di laukan deui… lebar pami di anggurkeunmah.. cobi di laukan ku lauk nila teh, nu kedah serius teuing ngurusna hehe..

      hehe ieuge iseng we teh teu ngahajakeun, pami nuju purun di damelan… leukleuknamah pisan…

  3. naniknara mengatakan:

    kalau suami saya, pilih beli saja. Saya baru tahu kalau itu namanya Koja

  4. sakti mengatakan:

    selamat memancing bos

  5. Ida Ratna Isaura mengatakan:

    kalo saia udah pasti engga bisa mancing hehehhe😀
    mancing itu kan nunggu kak,
    cewek itu paling nggak suka nunggu😛 wkwkwk

    • uyayan mengatakan:

      mo bisa ?? gampang Isar,,, ambil alat pancing jangan lupa umpanya sekalian terus pergi ke kolam tetangga, lempar umpan, tunggu sebentar… pasti yg punya kolam marah marah hehehe..

      iya emang mancing itu pekerjaan menunggu,,, butuh kesabaran.

      kalau Isar mo buru buru aja ya ??…hehe..

      • Ida Ratna Isaura mengatakan:

        hahaha. . . kalo mancing perkara sih gampang😀
        tapi yang paling enak itu mancing uang😀 wkwkwk

        buadku menunggu itu nggak praktis,
        kan mending talkless do more,
        ya sapa tau mancing dari pada diem bisa sambil setrika, menanam padi, potong rambut ato apalah, wkwkwkwkwk😀

        • uyayan mengatakan:

          wah kalau mancing perkara gampang buanget…

          mancing uang gimana caranya Isar ??

          bisa Isar, mancing malah sambil keramas juga bisa kho…mancing belut… masukan pancingan ke lobang belut, ikatkan talinya pada sesuatu, nah Isar tinggal ke kamar mandi terus keramas… gak usah di tungguin tuh pancinganya..hehehe…

  6. bensdoing mengatakan:

    ane baru tahu kalo namanya koja…kalo ane sich biasa nyebutin jaring ikan:mrgreen:

  7. Ely Meyer mengatakan:

    memang rasanya lain ya kalau mebuat sesuatu yg dibikin sendiri, puas pokok nya

    kojanya cantik ya, sekilas kayak rok

  8. cumakatakata mengatakan:

    koja ya…..

    gan ane minta hiji…

  9. Mila mengatakan:

    Wah saya sering lihat tapi baru tahu lho kalu namanya Koja😛

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: