ikan gurame

ikan gurame


Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan gureme..Ikan Gurame salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar..Ikan Gurame juga merupakan ikan konsumsi yang banyak di gemari dan di cari oleh para pemburu kuliner.. Buktinya banyak rumah makan yang menjadikan menu ikan gurame sebagai menu utamanya..Baik itu di goreng ataupun di bakar dsb..

Gurame juga salah satu jenis ikan dengan harga yang lumayan mahal di banding dengan ikan konsumsi air tawar lainya..Mungkin juga mahalnya harga ikan Gurame di pengaruhi oleh pertumbuhanya yang lambat, tidak seperti ikan mas yang cepat besar..Tapi mahalnya sebanding dengan rasanya, dimana ikan Gurame mempunyai rasa yang khas..

Di habitat asalnya ikan gurame termasuk pemakan segala / Omnivora..Memakan Fioplankton, daun tumbuhan yang bertekstur lunak dan serangga..Tapi kalau sudah dewasa ikan Gurame lebih suka memakan tumbuhan air..Kalau di tempat pembudidayaan para petani banyak yang memberikan daun cente papaya dsb sebagai makanan alaminya..Pembudidayaan ikan Gurame bisa di optimalkan pertumbuhanya dengan memberi makananya Pelet..

Seperti di singgung di atas ikan Gurame pertumbuhanya lambat..Tapi jangan khawatir pertumbuhanya dapat di pacu dengan pemeliharaan yang baik..Contonya seperti pemberian pakan yang tepat dan merata, penanggulangan hama dan penyakit serta pengelolaan air yang sesuai..

Adapun jenis ikan Gurame yang paling banyak di budidayakan adalah jenis Gurame Bluesafir, Gurame Paris dan Gurame Angsa..Mungkin pertimbangan para petani karena ke tiga jenis ikan itu memiliki jumlah telur yang sangat banyak..Tapi untuk pertumbuhanya yang paling cepat adalah jenis Bastar… Jenis Bastar memiliki ukuran yang paling besar dan pertumbuhanyapun relative cepat di banding jenis yang lainya..

Untuk  jenis-jenis ikan gurame sebagai ikan konsumsi di antaranya : Gurame Angsa, Gurame Jepang, Gurame Bluesapir, Gurame Paris, Gurame Perselen, Gurame Bastar, Gurame Kapas dan Gurame Batu..



Kurang dan lebihnya silahkan yang lebih pakar untuk meralatnya…
Makasi, semoga ada mamfaatnya..

gambar di ambil dari beberapa sumber

Iklan

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

One Response to ikan gurame

  1. Ping-balik: sensasi mancing gurame « udikhangeblog

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: