nasib rakyat kecil

nasib rakyat kecil

Belakangan ini muncul lagi berita di layar kaca menyorot tentang keputusan MA yang di rasa melukai hati rakyat kecil..Masih ingatkah kasus Bu Rasminah yang di tuduh mencuri enam piring dan sop buntut milik majikanya, beberapa waktu yang lalu ? Bu Rasminah maaf yang buta hurup tersebut di nyatakan tidak bersalah oleh Majelis Hakin PN Tangerang karena di nilai tidak terbukti melakukan tindak pencurian. Karena tidak terbukti bersalah maka nama baik dan harkat martabat terdakwa juga di pulihkan. Bu Rasminah merasa gembira dan diapun melakukan sujud syukur setelah mendengar keputusan Majelis Hakim..

Rupanya kegembiraan yang di rasakan Bu Rasminah hanya sesaat karena kasasi Jaksa di terima oleh Mahkamah Agung , akhirnya Bu Rasminah tetap di putuskan bersalah. Mahkamah Agung memutuskan hukuman penjara selama 130 hari kepada Bu Rasminah yang di tuduh mencuri 6 piring majikanya. Keputusan Ma ini di sesalkan banyak pihak ..

Bayangkan saja Bu Rasminah yang sudah 10 th mengabdi pada keluarga pelapor, hanya karena piring 6 biji harus di penjara selama 130 hari..Kemanakah nurani sang majikan? Atau emang gak punya nurani ? Entahlah..Tak bisakah menempuh jalan damai jangan sampai membawa kasus ini ke persidangan. Apalagi kalau di kaitkan dengan pengakuan Bu Rasminah di salah satu TV Swasta bahwa piring itu adalah pemberian sang majikan. Keadilan kapankah berpihak kepada rakyat kecil ?

Menurut saya yang awam putusan MA itu mencerminkan bahwa hukum di Negara ini benar adanya “tajam ke bawah tapi tumpul ke atas”. Coba bandingkan dengan kasus kasus korupsi yang melibatkan para petinggi atau pejabat sangat alot jangankan untuk memutuskan untuk menjadikan tersangka saja lamanya bukan main.

Bagaimana menurut anda..??

Video terkait klik disini dan disini

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

16 Responses to nasib rakyat kecil

  1. Ely Meyer mengatakan:

    ah .. aku suka miris dan ngenes baca berita berita spt ini, soalny anggak bisa berbuat apa apa, dan biasanya langsung membandingkan dgn pengadilan di sini yg nggak pandang bulu

  2. Abed Saragih mengatakan:

    Sekaran hukum itu hanya milik orang kaya,makanya orang miskin selalu tertindas.

  3. Tina Latief mengatakan:

    kalau itu fakta makdusnya bahwa bu rasmin itu bersalah memang pantas mendapatkan tindak hukum itu, yang disayangkan adalah cara penyelidikannya. Kalau saat itu belum punya bukti konkret kenapa langsung bosa mengambil keputusan. Jadi kelihatan plin plan dan tidak berilmu dalam penyelidikan.
    Yang bersalah bisar mendapat hukuman, namun pastikan dulu bersalah atau tidak.

  4. Ni Made Sri Andani mengatakan:

    Kalau yang mencuri 6 pring + sop buntut dihukum 130 hari, (anggaplah harga 6 piring+ sop buntut itu max Rp 100 000), maka yang mencuri 9 milliar uang rakyat , selayaknya dihukum selama 32 ribu tahun barangkali ya Kang..he he..

  5. Randeezt mengatakan:

    Tanda” akhir jaman gan…

  6. yisha mengatakan:

    tidak apa apa….

  7. imsfly mengatakan:

    memang, selalu rakyat kecil disisihkan oleh pemerintah !

  8. Dhenok Habibie mengatakan:

    bener mas, kalo liat kasus-kasus seperti ini kok miris banget yaa.. hanya karena masalah sepele, masalah yang tidak sebanding dengan apa yang dituntutkan, mereka pada tega dengan rakyat kecil.. contoh lain nenek yang dituduh maling buah kakao, trus kasus sandal juga.. hmm, miris..😐

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: