antusiasme warga menyambut bulan suci

Antusiame warga menyambut bulan suci

Menjelang puasa Ramadhan sangat terasa sekali peningkatan aktifitas di sekitar tempat kerja, maklum saja tempat kerja di pinggir jalan lingkar, yang di paksa harus selalu siap melihat keramaian para pengguna jalan. Harus tahan kebisingan, kepanasan, kepulan asap polusi dan tebaran debu kemarau terhempas angin.

Hari ini para pengguna jalan, baik itu pejalan kaki, pengendara motor dan mobil seakan tumpah ruah dari segala arah penjuru negeri di sekitar pasar. Dari mulai bayi yang masih di gendong, anak usia sekolah, para abegeh, teteh – akang, ibu – bapak dan para manulapun ikut ambil bagian dalam hiruk pikuk memadati jalan dengan tujuan ke Pasar.

Secara umum para pengunjung pasar hari ini punya tujuan yang hampir sama yaitu mempersiapkan segala sesuatu untuk bulan puasa. Tapi sangat mungkin juga ada para pengunjung yang mencoba mengail di air keruh. Bertindak criminal memangfaatkan situasi yang sangat ramai ini. Hal itu kerap terjadi di sini. Pencopetan atau modus hipnotis dengan tujuan jahat sering terjadi.

Bicara soal kemacetan Lalin jangan di tanya lagi, macet di sana sini yang di sebabkan tidak di siplinya para pengguna jalan itu sendiri. Pengendara motor banyak yang tidak sabaran berusaha menerobos antrian menjadikan kesemrawutan semakin parah. Sarana dan prasarana jalan juga kurang mendukung. Jalan beraspal yang berlobang di sana sini tentu sangat menggangu pengguna jalan. Malah tadi padi seorang ibu yang di bonceng terjatuh di jalan yang berlubang itu, menyebabkan dia pingsan.

Nah itu di jalan. Sekarang mari kita lihat kemacetan di dalam pasar itu sendiri. Pasar laksana pasar senggol, penyebabnya sama kurang di siplinya para pedagang dengan menambah meja meja pajangan di depan tokonya, tambah mempersempit jalan yang kecil jadi semakin sempit, menyulitkan para pengunjung untuk bejalan. Tapi yaitulah kenyataan dari pasar tradisional kesenggol, di senggol atau tersenggol sudah biasa, sepertinya sudah pada maklum adanya.

Sekarang yu kita intip apa yang mereka beli. Dari beberapa pengamatan rata rata yang di beli itu adalah kebutuhan pokok, seperti beras, minyak sayur, gula pasir, gula merah, kopi, susu, terigu, garam, penyedap rasa, mie instan, ayam hidup, daging ayam/sapi/kerbau, sayuran, buah buahan, roti tawar, roti manis, aneka kue kering dan satu yang paling khas yaitu sirup. Untuk buah sendiri ada yang khas yaitu timun suri. Itu kebanyakan tapi masih banyak yang beli barang barang lain juga. Ada satu ciri lagi yang tak kalah menarik yaitu petasan yang berbunyi daaaarrrr dan petasan api atau kembang api itu banyak di tengteng oleh anak anak..

Dari pemandangan kali ini saya melihat begitu antusiasnya warga saat menjelang bulan yang penuh berkah ini. Iya bulan yang penuh berkah. Berkah yang bisa kita lihat dengan telanjang mata saja jelas. Ramainya para pengunjung pasar, merupakan berkah tersendiri bagi para pedagang, daganganya jadi laris terjual, omset penjualanpun di atas rata rata sudah pasti keuntunganyapun bertambah di banding hari biasa. Berkah bagi para penyedia layanan jasa, ojek motor, mobil angkutan, kuli panggul, penjual kantong anti repot penjaga parkir dsb. Belum lagi berkah serta keutaman bulan ramadhon ini menurut agama. Tapi saya tak bisa membahasnya, karena saya seorang awam bukan ahlinya.

Lepas dari itu semua di sini masih ada satu tradisi yaitu “munggah atau munggahan”. Tradisi yang menurut saya sangat bagus. Intinya tradisi munggah itu adalah berbagi makanan dengan tetangga, kerabat atau keluarga dengan cara di antarkan ke rumahnya.

Itulah gambaran sekilas dari kaca mata saya seorang awam yang sesekali menghisap rokok sambil menikmati secangkir kopi yang sudah tidak panas lagi, duduk di atas kursi lapuk tapi masih empuk, tentang antusiasme warga di sini menjelang bulan puasa.

Nb : maaf tidak bergambar… tukang ngambil gambarnya rusak terjatuh sekarang di opname.

kami keluarga kecil basazand mengucapkan


Selamat menjalankan ibadah puasa.

Semoga amal ibadah puasa kita semua, di terima oleh Tuhan Yang Maha Esa.


Amiinnn……

Advertisements

About kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

52 Responses to antusiasme warga menyambut bulan suci

  1. Bertamu nih Gan….sambil ngabuburit ….

  2. sakura suri says:

    emang yg ngambil gambar siapa kak? #kepooo
    beneran diopname?
    get well soon yaaa.. 🙂
    saya pernah kepikiran buat jualan tajil di pinggir SD. lumayan tuh kalo laku, nambah uang jajan
    hihihi 😀

    • uyayan says:

      si Zilo Ra…. hp 2mb… bener lom sembuh juga tuh…

      iya Ra,,, kalo udah kepikiran harusnya di coba…optimislah pasti laku… tipsnya sederhana kalo pingin laku di awal murahin aja ato porsinya di bikin lebih baru kesananya agak di mahalin ato porsinya di kurangin dikit hehe

      oia makasi udah mampir…

  3. jayputra9 says:

    ternyata arti ngabuburit itu luas. saya baru tahu. bakalan dicoba berolahraga, saya suka main sepak bola. tapi, apa tidak cape. saya lebih suka main di warnet, ataupun main playstation.

  4. SanG BaYAnG says:

    Selamat menjalankan ibadah puasa juga gan..

  5. arip says:

    Semoga spiritnya terus berlanjut ke hari-hari selanjutnya, bahkan harusnya terus ke bulan lainnya 😀

  6. cumakatakata says:

    A’ maksudnya tukang ambil gambar teh kamera?

  7. jayputra9 says:

    Saya baru tahu kak arti ngabuburit, saya kira itu istilah buat duduk malas malasan sambil nunggu berbuka. plak

    • uyayan says:

      banyak kegiatan dalam ngabuburit itu sendiri…. ada yg ngisinya dengan berolah raga atau hanya jalan jalan santai bersama keluarga atau temen…dll…

  8. Yudha Qirana says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa juga ya gan..
    Semoga di bulan yang suci ini kita semua mendapat keberkahan..

    Marhaban ya ramadhan..
    🙂

  9. izzawa says:

    semoga yang ngambil gambar cepat sembuh .. 🙂

  10. iya sob…di awal rhamadan emang pada sibuk berbelanja buat buka maupun sahur.sama sob…selamat menunaikan ibadah ibadah puasa juga sob…

  11. selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1433 H buat sahabat yang sedang menjalankannya…..semoga amalan puasanya diterima Allah Swt.aamiin

  12. Ely Meyer says:

    baru tahu kalau ada timun yg bisa dimakan dengan es sirup

    met puasa ya mas

    • uyayan says:

      iya mbak….. biasanya petani disini menanamnya hanya menjelang bulan puasa saja…. seakan jadi buah kekhasan di bulan puasa…

      • Ely Meyer says:

        kok aku belum pernah lihat ya timun suri ini di kampung halamanku ? kemarin tak sengaja lihat gambar penjual timun suri, mungkin namany asaja yg lain di kampungku sana ya mas, soalny awarnan timunnya kuning, kayak buah blewah

  13. bensdoing says:

    met shaum yach gan……
    moga bulan ramadhan ini menjadi keberkahan buat kita semuanya…aamiin !

  14. Irfan Handi says:

    Marhaban Ya Ramadhan…
    Selamat menunaikan Ibadah Puasa, semoga nikmat kesehatan terus kita miliki hingga Lebaran menjelang. 🙂
    Btw, Beneran tuh yang ambil gambar lagi di opname Om?

  15. Ely Meyer says:

    timun suri itu yg bagaimana ya ?

    kayaknya budaya ngantar makanan belum ada mas di kampungku sana pas puasa, adanya kalau aps lebaran baru pada saling antar makanan

    kalau bahas ajawa munggah itu artinya naik mas, munggah kelas, munggah tangga 🙂

    • uyayan says:

      timun suri itu sejenis timun, ukuranya besar daging buahnya berwarna putih empuk cenderung lembek, rasanya pulen tapi tawar… cara penyajian di ambil dagingnya di campur air dan batu es secukupnya untuk rasanya di tambahkan sirup manis…

      kalo gitu sama dengan di kampung halaman saya di Tasik mbak. tapi kalau di sini saat puasa baru mulai..

      dalam b sunda saya ga tau artinya munggah itu apa…?

  16. abedsaragih says:

    Mohon maaf lahir dan batin.

    Selamat berpuasa.

  17. jayputra9 says:

    Iya benar. besok udah puasa, pasti sangat menyenangkan dapat bangun pagi pagi. saya juga mohon ma’af jika ada salah salah kata.

  18. yisha says:

    ”tukang ngambil gambarnya rusak terjatuh sekarang di opname……”
    cepat sembuh yaaaa………….
    dan
    met puasaaaaaaaa……… 😀

  19. Evi says:

    Kang Yayan lagi-lagi beruntung nih, masih tinggal didekat yg ada tradisi munggahnya. Di lingkungan tempat tinggalku kebanyakan non-muslim Kang, jadinya yah, puasa gak berasa acan disini hehehe…

    • uyayan says:

      iya bu Ev,,,, Alhamdulillah. terasa banget perbedaanya..

      barusan saat salat taraweh, lantai bawah dan atas masjid serta masjlis talim juga penuh… di terasnya juga sama penuh..

      oh gitu bu, tapi walau begitu saya yakin tak akan mengurangi ke khuyuan bu Ev dalam menjalankan ibadah pusa..

  20. oomguru says:

    ngga kerasa.. sebentar lagi udah mau puasa.. saya belom mandi junup #ooiiittss

  21. Wah..aktifitas dan suasananya sudah mulai terasa ya..
    Selamat Menjalankan Ibadah puasa ya Kang…

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: