Golok / Bedog

Golok / Bedog

Bedog kata orang Sunda atau golok dalam b Indonesia merupakan senjata tajam yang hampir di semua rumah kalau di pedesaan pasti memilikinya. Alasanya karena Bedog ini multi pungsi, bisa di pake nebang pohon, ngupasbuah bahkan meruncingkan pinsil sekalipun bisa dan masih banyak lagi yang bisa di lakukan oleh Bedog ini.

Saya sendiri yang sekarang tinggal di antara Dusun dan Kota menyimpan 3 Bedog. Bukan koleksi tapi berpungsi sebagaimana mestinya. Maklum halaman depan dan belakang di danami pohon keras yang pada waktu tertentu perlu memangkas dahan dahanya, jelas bedog di perlukan.

Bedog paling kanan yang ini jenis bedog galonggong, oleh oleh mudik beberapa tahun kebelakang, bentuknya seperti pisau rajang tembakau. Namanya bedog cepot. Tapi pungsinya yang saya tau bedog ini biasanya di gunakan oleh para penyadap gula aren, untuk mengiris pangkal batang bunga aren yang mau di ambil niranya. Aslinya sarungnya terbuat dari kulit.

Bedog yang di tengah ini di sebut bedog gawe, yang selalu membantu dalam mengerjaan tebang menebang. Panjang 35 cm, lebar 4 cm ujungnya membulat. Terbuat dari per mobil bekas hasil kreasi tukang panday besi.

Bedog yang paling kanan ini hasil imajinasi sendiri yang di terjemahkan oleh pandai besi.  Orang di sini menyebutnya bedog sorenan, artinya bedog yang tidak di gunakan sebagai mana mestinya pungsi dari sebuah bedog. Berbahan per mobil tua peninggalan Belanda (Willis). Sangat tajam, mampu mencukur bulu betis atau memotong rambut bahkan kapas sekalipun bisa putus di sayatnya. Sekarang setia menemani di tempat kerja.

Itulah 3 Bedog yang tersisa 2 lagi entah kemana..

Bagaimana dengan di daerah Anda, senjata tajam apakah yang multi pungsi ?

Mau mengenal lebih jauh Bedog oerang Sunda ?…… bisa di lihat disini.

Iklan

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

48 Responses to Golok / Bedog

  1. Wah.. baru tahu info tentang Bedog ini. Kebetulan kakek saya dulunya Pande – termasuk juga Pande besi (tukang membuat senjata)..jadi cukup sering juga melihat pembuatan senjata tajam..

  2. indonesia memang kaya akan seni dan budaya nya.mari kita lestari kan bersama…

  3. Idah Ceris says:

    tetep Golok Mas kalau di tempatku. . .:)
    untuk nyembelih ayam juga pakai golok seperti itu. . .

  4. nadiaananda says:

    hohoho.. Saat Buka Laptop langsung dah baca artikel yang sangat akurat sekali.. 🙂

  5. jaka says:

    hehe,, kalo ane Korek Api gan.. haha,, bisa buat rokok an kan..

  6. yisha says:

    apa ya? multifungsi? hm………ngga tau ah…… 😛

  7. Hijihawu says:

    Geuningan bedog téh seueur jinisna. Anu panjang saé pisan, gagangna nguriwek supados pageuh nyepengna panginten Kang?

    • uyayan says:

      muhun teh seueur pisan jenisna… anu panjangmah kengen pesen, bentukna gabungan bedog sareng belati..
      muhun teh meh teu inggis lesot hehe…

  8. jayputra9 says:

    keren golok nya. ternyata masing masing suku mempunyai sebutan berbeda ya. di kalimantan, suku banjar sering menyebutnya parang. dan suku dayak menyebutnya “mandau”.
    salam hangat dari tra anak Borneo. 😀

  9. bensdoing says:

    ampun bang…..golognya jangan buat nebas ane ye gan.. 😀

  10. Ilham says:

    iya sama kayak bro sulung, di medan sini dikenalnya parang (golok). kadang ada juga yang bikin sendiri dari potongan besi bekas.

  11. Irfan Handi says:

    beda lagi ditempat saya, Namanya “BATEK” 😀

  12. apa, ya? kalau di padang, palingan ada parang 😀
    tapi kalau di aceh, kampung saya, ada rencong yang lumayan dikenal orang

  13. putrijeruk says:

    “multi pungsi” hehe bener2 orang sunda :O

  14. sweetyvinz says:

    kalo bedoh cepot aku tau, suka d bawa c pph kalo lg hiking bwt buka jln baru 😀

  15. bmaster23 says:

    didaerah saya banyak,ada parang dll…
    😀
    bisa mampir gan? : http://bmaster23.wordpress.com/2012/07/02/update-versi-galaxy-young-musekarang/

  16. cumakatakata says:

    kalo bahasa jawa “bendo” A’..

  17. affanibnu says:

    ini senjata tajam laras panjang.. 😀

    disini sih paling banter parang. 😀

  18. Ely Meyer says:

    sepertinya bedognya tajam sekali ya mas spt terlihat di foto no 2

    kalau gambar pertama itu yg mana bedognya ada penutupnya, sekilas kayak keris ya mas cuma penutpny agak beda

    kalau di tempat saya apa ya ? kayaknya alat alat buat kerja di kebun nggak ada yg berupa pisau spt di atas mas. sedang pisau di dapur juga kecil kecil

    • uyayan says:

      iya mbak sangat tajam…

      maksud mbak el sarangka/sarung golok… kalo kebanyakan yg di jual tidak seperti itu mbak sarungnya, itumah bikinan sendiri hehe..

      oh,,, iya mbak kalo pisau kecil kecil paling untuk mengiris… nah itu bedanya bedog sama pisau bedog bisa untuk ngiris tapi bisa juga untuk nebang pohon hehe….

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: