tong 1000ligir can 1000dak

Tong 1000ligir can 1000dak

Judul di atas adalah tulisan di bagian belakang bak truk yang tidak sengaja di lihat dan mencoba di baca oleh anak saya. Tapi dia kesulitan membacanya lantas bertanya “Pa tulisan itu gimana bacanya?” sambil nunjuk ke arah mobil truk itu.

Mendapat pertanyaan itu saya tak lantas menjawabnya, berpikir sejenak sambil memainkan gas c jupy maklum waktu itu posisi di jalan yang padat merayap.

Saya bukan tidak bisa menbacanya seketika itu juga, tapi kalau saya baca bunyi tulisan yang di maksud oleh s penulis itu rasanya kurang tepat kalau di dengar oleh anak kecil. Tulisan itu di tujukan untuk orang yang sudah berumah tangga.

Sebenarnya tulisan itu berbahasa sunda, bunyinya “TONG SARE BULIGIR CAN SARE BUDAK” dalam b. Indon kurang lebih “JANGAN TIDUR TELANJANG, ANAK BELUM TIDUR”. Nah kalau jawaban ini yang saya berikan pasti akan jadi banyak pertanyaan dari anak saya, “Emang kenapa ? Emang mau ngapain dst”. Rasanya Anak seusia dia belum layak untuk mengetahui hal ini.

Karena pertimbangan di atas terpaksa saya berbohong dengan menjawab “TONG SEURI, BU LIGIR, CAN SEURI BUDAK”, dalam b. Indon kurang lebih lagi “JANGAN TERTAWA, BU LIGIR, SEBELUM ANAK TERTAWA”. Mendapat jawaban itupun pertanyaan dari anak saya jadi berkepanjangan dengan bertanya “Siapa Bu Ligir itu ?”, di susul dengan pertanyaan pertanyaan lanjutan. Tanya jawab baru berhenti setelah sampai tujuan.

Ingat saat itu saya jadi bertanya “Dosakah saya telah berbohong?” Walau bohong saat itu demi untuk melindungi anak.

Bagaimana pendapat sahabat tentang bohong yang saya lakukan ?

About kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

32 Responses to tong 1000ligir can 1000dak

  1. naniknara says:

    hehehe pertanyaannya berlanjut terus ya, maunya sekali mengarang, sekali bohong jadi berkelanjutan deh ngarang dan bohongnya.
    Kadang emang jadi dilema juga ya, dan saya nggak bisa ngasih saran

  2. izzawa says:

    gpp juga mgk kang yan,,masalahnya kan itu gak penting juga buat dia tahu…tpi sih itu menurut saya kang yan

    memang umurnya berapa kang yan??pasti lucu banget…pake nanya bu ligir siapa :mrgreen:

  3. jayputra9 says:

    gak dosa kak. sudah terkenal, kata kata “berbohong demi kebaikan itu gak apa apa”.

  4. pena usang says:

    Berbohong demi kebaikan memang tetap salah dan tidak dibenarkan, tapi diperbolehkan. Murangkalih mah memang seeur tumaros nya kang..

  5. sweetyvinz says:

    itu bukan bohong kang, klo di baca dalam bahasa indonesia kan memang seperti itu bacanya. berarti bukan bohonh dong 😀

  6. Tri Wahyuni says:

    gpp lah kang.. kan ada yang pantas dan tidak pantas untuk diketahui anak2..
    nanti kalau sudah besar kan bisa mengerti sendiri 🙂

  7. Tikatiko says:

    hahaa, white lie nih ceritanya kang 😀

    gapaplah, kan demi menceritakan hal yang belum sepantasnya untuk anak seumur itu hehe

  8. anak-anak sekarang memang pintar ya mas. rasa ingin tau mereka tinggi sekali 🙂

  9. Hehehe. . Kalau jujur tapi ditaktkan mudharatnya lebih besar kayaknya mending ditanggepi dengan bijak deh mas. 😀

  10. yisha says:

    dosaaaaaaaaaaaaaaa……………. 👿

  11. ilhammenulis says:

    hahahaha… gak kebayang lah kang.. saya ge bingung awalna pas baca tulisan itu..

    ada-ada aja emang ya kalo truk, rata-rata kalo pake gambar juga suka seronok gambarnya :I

    • uyayan says:

      hehe iya gan, membaca tulisan yg di wakili angka dan di gabung dg hurup emang agak susah gak bisa langsung baca…

      setuju gan,,, ntah apa motipasi para sopir dg gambar2 seronoknya…

  12. wah, repot juga punya anak yang pengen tahu segalanya .. hahaha

  13. Ely Meyer says:

    wah .. susah juga ya mas, belum bisa membayangkan andai di posisi sampeyan

    heran juga ada truk yg tulisannya begitu

    tp mnrt saya jawaban jujur mungkin lebih baik , khan bisa sj kalau tanpa busana tidurnya bisa masuk angin, ntar kalau anak niru jadi takut ikut masuk angin, jadi sakit, kalau sakit orang tua yg susah, khan bener juga ya mas jawaban ini, nggak bohong khan ?

    • uyayan says:

      iya mbak, itu salah satu tulisan aja masih ada tulisan2 lainya..

      benar mbak El, saya juga ingin menjawab dg tanpa bohong seperti komen mbak ini tapi waktu itu gak terpikir….
      telmi saya ini hehe…

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.