terinspirasi post-nya dhe

Terinspirasi postnya Dhe

Tadi malam sehabis mancing buka blog terus balas coment tak lupa masuk blog sana sini. Nah pas masuk blognya Dhe yang sudah pasti pada tau. Siapa Dhe itu ? baca post yang ke #94. KUA DAA sumpah saya jadi lieueueueuer teu ngarti teu bisa macana jeung di ejage hese post nu bagian luhurna. pusing gak ngerti gak bisa bacanya dan di eje juga susah post yang bagian atas. Tapi saat sedang mengeja post di bagian atas tadi, eeehhh jadi teringat sama seorang teman, namanya gak usah di tulis tapi yang pasti dia orang Cianjur. Dia orangnya nyentrik selalu berpakaian rapi.

Gak usah di teruskan membahas orangnya kembali ke hubungan dengan bahasa. Dia kalau berkomunikasi dengan teman akrabnya yang sama sama orang Cianjur menggunakan bahasa Sunda tapi tidak semua orang bisa mengerti sekalipun orang Sunda. Bukan karena bahasanya terlalu halus atau terlalu kasar hanya karena bahasa yang dia gunakan telah di modipikasi ada penambahan suku kata di setiap kata yang di ucapkan.

Contoh : Dupupeuh Gupustipeu hipirupep tepepeuh apasapeu beupeukipeu ripipupeuh bapaepeu beupeukipeu dipieupeuh tepepeuh. Kipiwaparipeu gepepeus ripipupeuh kopomopeu deupeuipeu epengkepe meupeurepeun lapamupen hapargapeu kapabutuhapen sapapoepeu geupepes naparaepek. Topobapet….. Hapampurapeu Japalupeu lapamupen heupeunteupeu bipisapeu neupeudunapen kapahayapeng dapapeu pupugupeuh eupeukeupeur repesikogepeu hepesepeu. Aparipeu papangalapeu ngapapen sapaukuper sapakieupeu hepenteupeu mapatapek cupunpopen hepenteupeu sapaimbangapen jeupeupeng beupeubeulieupeun. Ukupuper bapatipeu ngupurupet dapadapeu lapamupen ipingepet kapanapeu papamentapeu apanjeupen japalupeu, nupupeu capapen bipisapeu dipipeu cupunconapen.

Hartina : Duh Gusti hirupteh asa beuki ripuh bae beuki dieuteh. Kiwari geus ripuh komo deui engke meureun lamun harga kabutuhan sapopoe geus naraek. Tobat….. Hampura jalu lamun teu bisa nedunan kahayang da puguh keur resikoge hese. Ari pangala ngan saukur sakieu teu matak cumpon teu saimbang jeung beubeulieun. Ukur bati ngurut dada lamun inget kana pamenta anjeun jalu, nu can bisa di cumponan.

Artinya : Ya Tuhan hidup ini terasa semakin repot aja sekarang ini. Sekarang sudah repot apalagi nanti kayaknya kalau harga kebutuhan sehari hari sudah pada naik. Tobat…. Maaf Jalu kalau tidak bisa memenuhi keinginan karena untujk resiko juga susah. Kalau penghasilan hanya sekedar segini gak bakal mencukupi tidak seimbang dengan harga yang harus di beli. Hanya bisa mengurut dada kalau ingat sama keinginan engkau Jalu, yang belum bisa di penuhi.

Waduh ne kayaknya ngepost edisi yang ke berapa yah pasti bikin jalma jadi weureu bin leneng hehe orang jadi pusing, maafkan saja saya yah.

Mo baca silahkan gak mo baca masa sih gak mo baca hahaha…

Naha jadi ngacaprak kieu. Kenapa jadi ngelantur gini. Tos ah dugi kadieu. Sudah ah sampai sini.

Wasallam..  (  )

Iklan

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

15 Responses to terinspirasi post-nya dhe

  1. cumakatakata says:

    setiap kata ditambahi dua suku kata ya A’?

  2. Ely Meyer says:

    kalau ndak dikasih terjemahannya aku nggak ngerti bhs nya mas 🙂

  3. Hijihawu says:

    Haha. Janten emut nuju es ed, hampir sami, mung saya mah nganggo ‘ga’.
    Agayaga nagaogon yeugeuh? Aya naon yeuh? Hahaha..

    • uyayan says:

      hahaha teu teras di candak ka es em ep teh ?

      hiji deui Teh uyaanang utacarinang udadining upapostingan, unaanung utakmanang udijaning ukaknganang…

      mangga hartoskeun ku Teteh !!

  4. ilhammenulis says:

    sumpah ngakak kang… hahahaha

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: