membaca cuaca di saat mancing

membaca cuaca di saat mancing

Waduh kumaha ieuteh ngan nguruskeun ngusep we euweuh ka bosen . Waduh gimana se yang di urusin mancing melulu gak bosan bosan. Hehe berbagi sedikit pengalaman karena tadi abis mancing kebetulan anginya kencang dan cuaca juga mendung. Jadi ngepost kali ini tentang membaca alam di saat mancing. Siapa tahu ada yang membutuhkan karena cara dan trikmancingnya pasti berbeda tergantung cuaca. Maaf bukan sok tau ini hanya sekedar berdasarkan pada pengalaman dan pengalaman ini di pemancing harian.

Oke langsung saja bagaimana mensiasati agar umpan bisa di makan target, targetnya ikan Mas. Karena prilaku ikan di setiap cuaca ada pebedaan.

Cerah. Bila cuaca cerah ikan akan mudah untuk di pancing karena sang ikan akan mudah menemukan umpan yang kita pasang di mata kail. Biasanya dari jam sembilan sampai jam sebelas ikan lebih mudah untuk di pancing. Setelah jam sebelas ikan akan malas menyambar umpan karena suhu di dalam air mulai hangat. Nah baru dari jam dua sampai sore ikan akan mau menyambar umpan lagi. Atau malam haripun ikan tetap mau menyambar umpan pengalaman jam 11 malam baru ikan sudah mulai ogah untuk makan.

Mendung. Kalau kita sedang  mancing tiba tiba cuaca berubah jadi mendung itu pertanda kurang bagus karena ikan Mas kurang mau makan di saat cuaca mendung. Penyebabnya air di dasar kolam jadi dingin ikan jadi malas ke dasar kolam. Sedangkan umpan yang kita lempar pasti ada di dasar kolam, sementara ikan sendiri tidak mau ke dasar kolam jadi wajar kalau umpan tidak di sambar karena tidak di temukan oleh ikan. Seandainya hal ini terjadi di sarankan untuk menggunakan pelampung yang  ukuranya lumayan besar tujuanya agar umpan bisa mengapung tidak ke dasar kolam harapanya umpan bisa di temukan sang ikan.

Hujan.. Kalau hujan deras terjadi di saat sedang mancing ini juga jadi masalah kadang ikan gak mau makan di tambah lagi pelampung yang kita gunakan tidak bekerja secara maksimal karena bergerak gerak terus jadi susah untuk mengetahui apakah umpan di makan ikan atau hanya karena terkena air hujan. Cara yang paling mudah untuk mensiasatinya gunakanlah tehnik mancing gelosor. Caranya gampang tinggal di lepas saja pelampungnya kemudian lempar umpan ke titik yang di perkirakan ada ikanya terus kencangkan kenurnya. Untuk mengetahui apakah umpan di makan tinggal memperhatikan pergerakan kenur yang sudah di kencangkan tadi. Ada dua tanda pergerakan dari kenur yang bisa di amati atau jadi patokan kalau umpan di makan ikan. Pergerakan kenur yang menegang dan pergerakan kenur yang mengendur. Jika hal itu terjadi itu pertanda umpan di sambar ikan jadi tinggal menghentak joranya. Hehe mudahkan ?

Angin.. Angin yang berhembus kencang sangat menggangu pemancing. Gangguan yang timbul saat melempar umpan ke titik yang di tuju jadi tidak bisa tepat . Atau pas sekalinya tepat karena pelampung tertiup angin maka menyebabkan pergeseran dari titik yang semestinya hal ini jelas merugikan. Sebenarnya arah angin bisa di manfaatkan. Misalnya arah angin dari barat ke timur usahakan kita harus berada di lapak yang sebelah timur. Karena air akan tertiup angin dan terjadi riakan riakan ombak yang akan menghantarkan sisa sisa umpan yang ada di kolam. Pastinya ikan akan lebih banyak di tempat itu karena banyaknya sisa umpan tadi yang terbawa riak air.

Sekian semoga bermampaat.

Advertisements

About kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

18 Responses to membaca cuaca di saat mancing

  1. utisedoy says:

    tolong dong mas bro brbgi pnglman nya cara mancing ikan nila di saat cuaca lgi hujan. kya nya susah tu. tlong y di bntu solusi nya.

    • kangyan says:

      waduh saya sendiri untuk sekarang ini gak pernah mancing ikan nila….jadi jujur saja gak tau umpanya apa.

      tapi dulu, dulu sekali untuk umpan ikan nila itu saya suka pake lumut…

  2. salman says:

    Nuhun pisan ilmunya kang, pantes aja pates aja kalau hujan bonjos markocos muda mudahan bisa di pake ma ane

  3. Hendry says:

    Kegiatan memancing dikolam adlh kegiatan rutin gua stiap sore pulang kerja, thanks informasi yg berharga ini, ntar gue coba dech. mdh2n hslnya tok cer … !!!!

  4. Saya p….mancng amatiran…………..artikel ini sangat bermanfaat, pasti saya akan coba, ….terus berkarya….

  5. jadi pengen mancing lagi… hobby yang dah lama terlupakan…

  6. Wah.. saat kcil saya suka ikut bapak saya mancing. Tapi saya nggak tahu berbagai informasi ini. Thanks ilmunya..

  7. Ely Meyer says:

    nggak nyangka kalau mancing juga lihat cuacanya 🙂

    di kampungku sekarang sdh mulai terlihat orang mancing di danau dan sungai deket rumah mas, akrena danaunya sudah nggak beku lagi 🙂

  8. tips memancing yang oke nih
    dan saya pun baru tau kalo Ikan Mas itu moody banget soal makan kalo cuacanya berubah-ubah..
    mantap lah

    btw, nih kunjungan perdana
    makasih ya dah add linkku
    ane dah add link agan juga,
    cekidot

    • uyayan says:

      pastinya saya sendiri gak tau gan. itu hanya berdasarkan pada pengalaman selama mancing..
      makasi kunjunganya.
      sama sama gan.
      salam damai saja dari kota hujan.

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: