cara membuat pajangan dari tunggul kayu

cara membuat pajangan dari tunggul kayu..

Mungkin anda pernah melihat pajangan dari tunggul kayu yang sudah di bentuk sedemikian rupa..Bisa menyerupai apa saja tergantung dari bahan/tunggul kayunya itu sendiri..Pengrajin hanya tinggal memoles memberikan sentuhan yang sesuai..Tapi tentu saja tidak semua orang bisa karena butuh keahlian..

Jangan berkecil hati dulu..Sayapun yang bukan ahli tapi bisa memangfaatkan tunggul kaya di jadikan sebagai pajangan..Hanya bermodalkan kemaun dan rasa penasaran..

Tidak semua tunggul kaya bisa di jadikan bahan untuk membuat pajangan ada hal-hal yang harus di perhatikan untuk bahanya harus dari jenis kayu yang keras..Sepeerti Tunggul jambu batu, pete cina dll..Saya lebih tertarik sama petei cina karena punya urat-urat yang bagus..Dalam memilih bahan juga harus jadi pertimbangan carilah yang bentuknya artistic, yang tidak harus di poles lagi jadikan apa adanya..Seperti tampak pada gambar di bawah ini

 

Alat yang di gunakan untup proses pembuatanya juga sangat sederhana hanya perlu Pisau, sebilah bambu agak panjang sebesar ibu jari yang ujungnya di buat pipih dan di lancipkan, koas, kaen yang agak kasar, pernis, lem lilin dan daun imitasa dari plastic..

Cara mengerjakanya juga gampang, semua orang pasti bisa asal sabar dalam pengerjaanya..

Pertama tunggul kayu yang masih ada kulitnya di kelupas dulu pake sebilah bambu yang tadi di siapkan..Agar mudah mengerjakanya kelupas kulitnya dalam keadaan masih basah…Kemudian jemur sampai kering benar..Setelah kering bersihkan serat-serat yang masih menempel di tunggul tadi menggunakan tangan atau kain kasar..Jangan gunakan ampelas untuk menghaluskanya cukup dengan kain kasar tujuanya agar urat-uratnya yang alami tidak rusak..

Setelah cukup bagus kelihatanya baru di olesi pernis gunakan koas..Kalau ingin hasil pernisanya bagus (mengkilap) ulangi beberapa kali tapi dengan catatan tunggu dulu olesan yang pertama sampai kering..

Selanjutnya tinggal menempelkan daun-daun imitasi tadi gunakan lem lilin untuk menempelkanya..Tempatkan di posisi yang di anggap pas..

Langkah yang terahir tinggal memilih pot, ukuranya di sesuaikan dengan besarnya tunggul tadi..Gunakan pot bonsai yang terbuat dari tanah..Agar lebih kokoh gunakan adukan semen pasir untuk ngecor tunggul di pot..Biarkan sampai kering, sebagai pemanis taburkan batu hias di atas adukan tadi..

Sampai disini beres deh…

Terakhir semoga bermamfaat..

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

6 Responses to cara membuat pajangan dari tunggul kayu

  1. ahmad fauzi mengatakan:

    Kreatif, kalau saya pakai ranting bambu ndan…

  2. cumakatakata mengatakan:

    wah, kreatif A’……

    yg dipake header ya A;..

  3. Widhi mengatakan:

    wow keren pajangannya, btw ada lapak jualannya gak gan. saya tertarik. harganya brp?

    • uyayan mengatakan:

      makasi gan…ne bikin sendiri sekedar iseng dan tidak menjualnya..
      kalau gak salah di jalan puncak bogor ada yang menjual untuk harga saya sendiri kurang tau gan..

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: