oncom bandung

oncom bandung

Oncom adalah nama makanan khas Jawa Barat. Bahan baku Oncom bisa kacang tanah dan ampas kelapa. Untuk oncom Bandung bahan bakunya adalah Kacang Tanah kalau di tempat lain kadang menggunakan bahan baku ampas kelapa. Tekstur oncom yang berbahan baku ampas kelapa cenderung mudah hancur.

Oncom adalah bahan makanan yang dihasilkan dari proses peragian, mirip seperti tempe hanya saja menggunakan bahan baku dan jenis ragi yang berbeda. Namun walaupun proses pembuatannya mirip, dalam hal penampilan tidaklah demikian. Oncom terlihat jauh lebih “mencurigakan” dibandingkan tempe, hal ini terjadi dikarenakan terdapatnya endapan serbuk berwarna oranye hasil peragian di seputar permukaan oncom, berbeda dengan tempe yang cenderung putih mulus tanpa residu. Dan jika lapisan endapan oranyenya dibersihkan, maka berbeda dengan tempe yang terlihat putih mulus dengan butiran “pulau” berwarna kekuningan, maka tampilan permukaan oncom adalah seperti batu kasar berwarna kelabu.

Kualitas oncom bandung juga berbeda. Kualitas kelas A (paling bagus) yang membedakan kualitas Oncom Bandung ini adalah kualitas kacang tanah, dan kepadatan kandungan kacang tanah dalam satu pak oncom. jika kita iris maka akan terlihat butiran-butiran kacang tanah yang cukup dominan diantara bahan filling hasil peragiannya, dan jika permukaan oncom ditekan maka terasa pejal dan ada tekanan balik. Untuk kelas-kelas dibawahnya, maka jumlah butiran kacang dalam oncomnya semakin sedikit, hingga permukaan oncom pun tidak terlalu pejal, dan oncom lebih mudah gepeng.

Kalau berbicara rasa Dari segi rasa, butiran kacang pada oncom mengalami proses fermentasi yang menghasilkan karakter rasa yang lebih kompleks dibandingkan rasa kacang tanah asli, dan cenderung lebih kuat dan “gelap” dibandingkan tempe. Sedangkan dari segi kadar air, oncom juga relatif lebih kering dibandingkan tempe, sehingga dalam masakanpun lebih sering diolah dalam jenis masakan yang basah.

Oncom bisa dimasak untuk berbagai jenis masakan, diantaranya Ulukutek Leunca,Tutug Oncom, Pepes Oncom, dan bahan baku Sambel (sambal). Sambel oncom, karena karakter rasanya yang khas, seringkali dipakai untuk topping Surabi (serabi), Nasi Kuning, atau sebagai saus cocol dari Ulen (ketan) bakar. Racikan oncom pedas biasa dijadikan juga isi dari lontong, atau lebih terkenal lagi dijadikan isi Comro (dari asal kata“oncom di jero” atau “oncom di dalam”). Sedangkan untuk lauk makan sederhana, oncom bisa juga sekedar diiris agak tebal lalu dibalur garam dan digoreng / dibakar tidak terlalu kering.

Itulah sekilas tentang oncom yang sering saya makan tapi tidak secara langsung, maksudnya oncom yang saya makan itu terdapat dalam comro… hehe wah apalagi ne comro …?

Sumber : http://wisata.kompasiana.com

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

28 Responses to oncom bandung

  1. elfarizi mengatakan:

    DI saya mah oncom teh dari kacang jepun alias kedelai, Kang😀

    • uyayan mengatakan:

      ini kan oncom bandung gan Elf..
      tah pan ayeuna gan Elf nuju di bandung sanes, cobi buktoskeun leres teu oncom bandungteh tina kacang suuk ?…

      punten senes miwarang,, tibatan panasaran we hehehe…

  2. sulunglahitani mengatakan:

    permisi, sekedar memberitahukan kalau link nya sudah dipasang
    salam persahabatan 🙂

  3. Hijihawu mengatakan:

    Oncom Bandung berbeda bahan dan tekstur dengan daerah lain, ada terasa pahit, tapi di situlah ciri khasnya, raos pisan.🙂

    • uyayan mengatakan:

      di pasar tradisional dekat tempat tinggal saya, oncom masih jadi barang buruan setiap pedagang di kampung kampung Teh…

      tapi gak tau yang di jual di sini oncom bandung atau bukan..

  4. parfum original mengatakan:

    Comro…. wah mantap, di Bandung Comro mang Ihin pasir kaliki ….yummy…

    • uyayan mengatakan:

      kalau di sini comro c teteh yang berjualan keliling jadi langganan istri saya..
      kalau saya di pemancingan tak pernah lupa untuk makan comro hehe

  5. umrah haji mengatakan:

    Jawa Barat gudangnya oncom, banyak jenisnya, saya paling suka oncom dari kacang tanah…. nice post…

  6. Evi mengatakan:

    Oncom..oncom…Aduh aku selalu curiga kalau makan Oncom Kang Yayan, makanya gak begitu suka. Tapi kalau keripik oncom pernah coba, rasanya lumayan juga…

    • uyayan mengatakan:

      wajar Bu kalau curiga hehe, warna merahnya oncom emang mencurigakan apalagi bagi yang baru pertama kali memasaknya.
      tapi selama ini buat saya aman aman saja mengkonsumsinya..

  7. belajar bahasa korea mengatakan:

    wow… oncom, tutug oncom (TO), jadi inget tasik, banyak berjejer warung lesehan menyediakan TO….

  8. bugiskha mengatakan:

    sama, belum pernah nyoba. gmn yah rasanya. jd penasaran uyy

  9. Citra Taslim mengatakan:

    Saya paling suka Ulukutek Leunca…
    enak banget kang.

    Combro juga enak.

  10. SASTRA REMAJA 11 mengatakan:

    Enak tuh gan. ane suka comro. hehe
    Sekalian berkunjung lagi nih. Salam dari SR11.🙂

  11. sulunglahitani mengatakan:

    belum pernah nyoba, jadi pengen😀

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: