Iseng membuat sangkar burung

Iseng membuat sangkar burung

Inilah mungkin sifat yang kurang baik dalam diri saya, selalu merasa penasaran akan sesuatu yang menurut keyakinan, saya pasti bisa. Bisa dalam arti mampu untuk membuatnya. Terlebih terkait masalah ke senangan/hobby. Seperti halnya senang mancing, ya mencoba membuat koja dan itu berhasil. Lantas sekarang senang akan burung mencoba juga membuat sangkarnya. Atau dulu saat senang ikan hias membuat aquariumnya. Tinggal istri geleng geleng kepala melihat saya yang sibuk, tapi dia sudah maklum akan sipat saya, dia mau mengerti bahkan mau juga sedkit membantu ….

Idenya sederhana gara gara melihat kayu bekas tangga yg tergeletak begitu saja, muncul pemikiran untuk memcoba membuat sangkar burung. Soal berhasil atau tidak, urusan nanti.

Pekerjaan di mulai dari pengukuran limbah kayu di sesuaikan dengan ide yang ada dalam pikiran tentang sangkar yang mau di buat. Langkah kedua penggergajian setelah di ukur dan di garis. Langklah ke tiga penyerutan, ke empat pengeboran, kelima pembentukan/penyatuan tulang tulang sangkar , keenam pemasangan jeruji.

Gampangkan ???

Selain kayu bahan yang di perlukan adalah bamboo untuk jerujinya, sama bamboo juga limbah penyangga pohon jambu yg sudah tidak berpungsi dan satu lagi lem kayu inimah harus di beli hehe.

Nah untuk alat agak ribet karena perlu beberapa alat . Di antaranya gergaji, serutan, penggaris siku, palu kecil, gergaji triplek, tang, pisau raut, spidol, meteran dan bor kayu.

Untuk proses pengerjaanya di kerjakan di sela sela waktu istirahat kerja jam 11.00 sampai jam 13.00. Lumayan lama juga mengerjakanya perlu beberapa hari untuk bisa membuat satu sangkar juga, maklumlah namanya juga mencoba hehe.

Tapi walaupun lama akhirnya jadi juga seperti gambar di bawah ini. Terlihat sangat sederhana karena konsepnya minimalis. Tinggal finishing pemernisan…

Nah kalau ini (s july dan s jenit) dua pengganggu yang paling sering merecoki saat pengerjaan.  Sudah jadipun rupanya ingin juga merasakan masuk di dalam sangkar dan narsis juga hehe….

Saya merasa yakin kalau kita merasa mampu jangan ragu untuk mencoba. Yang penting ada kemauan, ada usaha, kalau ada kemauan pasti ada jalan. Urusan berhasil atau gagal urusan nanti. Kita tidak akan tahu kalau tidak mencobanya. Pepatah mengatakan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda dan guru yang paling berharga adalah pengalaman.

Sekian dan terminal kasih sudah mau baca…

Wasallam…

About these ads

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

74 Responses to Iseng membuat sangkar burung

  1. farhan mengatakan:

    hahahahha, keren kang hade artikel artikelna komo eta ucing asup kandang manuk.. hahahaha lucu aseli

  2. nurranisa mengatakan:

    ada ada aja mas… kucing di masukin ke kandang burung.. tp keren juga.. hehe

  3. Ping-balik: tertular | kang yan

  4. SanG BaYAnG mengatakan:

    Wah.., kalau ini mah sangkar kucing atu Kang.. :lol:
    #salut..deh.., akang emang kreatif banget. Ndak bosen-bosenya berkarya.. :)

  5. Ping-balik: jalak suren asal kota kembang bandung | kang yan

  6. saly safry mengatakan:

    masuuuk….prospek bisnis sangkar burung

    • kangyaannn mengatakan:

      melihat perkembangan disini bisnis sangkar burung sangat cerah… seperti temen yang menekuni bisnis ini, berapa aja dia bawa sangkar burung hasil karyanya ke toko burung pasti di ambil….

  7. tomy mengatakan:

    wah pelajaran lagi ni gan, nanti ane mau coba moga aja berhasil, makasih y gan udah bikin blog ini, jadi nambah ilmu…………!

  8. oky mengatakan:

    sami abdi ge nuju reseup nyieun kandang manuk,memanfaatkan limbah kayu dan SDA bambu di tempatku yang begitu melimpah lumayan buat tambahan beli baju lebaran alhamdullilah sudah dibeli teman 2 unit…akang teh sami hobina sareng abdi Ngarorek,,,sagala di jieun…ha ha ha salam kenal ti abdi oky ti Cipanas Cianjur

    • uyayan mengatakan:

      muhun Cep, teraskeun…. sugan kapayuna jadi sumber penghasilan tina kerajinan kurung manukteh … ningali pasarna ku ayeunamah bengras…

      aya bentena sakedik Cep,,,, made in akangmah tara jadi duit hehe….

      sami salam kenal oge ti c akang….

  9. agunk mengatakan:

    tu klo buat jerujiny carany gmn gan?biar bisa bunder

  10. cumakatakata mengatakan:

    waaaaaaaaah..
    gk dikunjungi beberapa hari Aa’ udah menghasilkan sangkar burung eh itu sangkar burung apa sangkar kucing A’?

  11. jayputra9 mengatakan:

    maling jahat padahal perasaan saya udah menyatu dengan ayam saya.

    benar tentang pengetahuan dasar. karena itu adalah modal utama buat usaha. tapi, saya cuma iseng buat dipelihara saja ayam katenya.

  12. abedsaragih mengatakan:

    Haha,,, lucu sob lihat dua ekor peliharaanya,,yang satu bilang…”wah..mantap juga nih rumah baruku “..

    Mantap sob.

  13. litsard mengatakan:

    kyaa…kucingnya lucu….
    nice job!

  14. Dhenok Habibie mengatakan:

    judulnya membuat sangkar burung, tapi kayaknya lebih cocok jadi sangkar kucing tuh.. hehe :D

    sama kayak abahnya dhe, abahnya dhe doyan banget melihara burung.. dan klo pas lagi rajin, ya itu bikin sendiri sangkarnya..

    • uyayan mengatakan:

      hehe iya dhe itumah s jenit ma s july pingin nyobain sangkar baru sebelum di gantang…

      wah kalo gitu mungkin dhe jg satu saat nanti akan suka sama burung hehe

      sangkar bikinanya abah dhe pasti bagus bagus….

  15. jayputra9 mengatakan:

    Saya gak bakat buatnya. Hasilnya pun tidak sebagus milik kakak. Mungkin karena kandang nya yang tidak layak huni. Ayam saya kabur. #Sebenarnya diambil orang tanpa izin, maksud saya biar ayamnya dapat menikmati udara segar jadi saya lepaskan sebentar.

    • uyayan mengatakan:

      emang terkadang bakat juga mempengaruhi…
      haha sayang gan ayamnya sampai kabur…
      beli lagi aja terus pelihara lagi gan… ayam kate harganya lumayan tinggi…

      • jayputra9 mengatakan:

        Saya peliaharanya saat dia baru menetas dari telur sampai dia punya telur juga lalu telurnya menetas sampai gede lalu diambil orang, maklum jantan dan warna bulunya bagus. Iya benar tentang harganya mahal. Saya kapok mungkin saya juga tidak berbakat juga dalam beternak.

        • uyayan mengatakan:

          wah dasar maling ya gan…. gak punya perasaan sama sekali… eh mungkin bukan maling yah kalo masih pake perasaan…

          tapi itu bagus gan buat pengalaman… dulu saya juga pernah pelihara ayam bangkok…. hehe ujungnya malah merugi…karena gak di dasari ilmunya…

  16. Evi mengatakan:

    Kang itu sangkarnya bagus begitu. Tinggal bikin usaha baru nih Kang, pengrajin sangkar burung..Membisniskan hobi ceritanya :)

    • uyayan mengatakan:

      hanya lumayan bu Ev….
      hehe bisa juga jadi pertimbangan bu mengingat harga sangkar disini lumayan mahal… berkisar antara 50rb sampai 350rb tergantung ukuran, bahan dan model….

  17. jayputra9 mengatakan:

    Keren. Hasilnya bagus. Kalo saya, kemungkinan besar tidak bisa buat yang seperti itu.

  18. Idah Ceris mengatakan:

    Itu foto yang ada gergajinya koq ada penampakan sangakar yang udah jadi. :) hihihii. . .
    hobi baru ini ya?
    Mancingnya tetep kan? :P
    Buatin kandang singa bisa gak?

    itu kucingnya kucing jawa ya, mas?

    • uyayan mengatakan:

      hehe iya maklumin aja terburu buru…
      bisa di bilang gitu, hoby pelihara burung juga..
      mancing sesuatu yang gak bisa di tinggalkan, entah kenapa …
      belum pernah coba buat Id, tapi sepertinya gak begitu susah buat kandang Singa itu hehe.
      itu kucing angora, masih pada kecil….

  19. dea mengatakan:

    bagus yaa sangkar nya wlo belum di perniss !! suami saya juga suka bangt bikin sangkar burung ya iyalah ga suka gmna burungnya aja banyak :)

  20. bensdoing mengatakan:

    punya bakat juga yach gan… :D

  21. airyz mengatakan:

    kurang gede kaloooo ituuuu… hihihihi

  22. jayputra9 mengatakan:

    Wow, keren tuh. Ternyata kak Uyayan kreatif.

  23. Ely Meyer mengatakan:

    yg nggak ada putihnya mas, kayak susi ku dulu
    \”c\” itu apa ya ?

    iya mas, kalau disangkarin butuh ribuan sangkar dong, orang buanyaaaakkk sekali jumlahnya kalau dijadikan satu, apalagi yg di sawah, kemarin malam itu pas aku sama suami bersepeda, lihat ratusan burung starr lagi balapan di udara sama puluhan burung gagak, ndak tahu ya, lagi balapan apa mereka lagi bertengkar ya, kayak pertunjukkan akrobatik di atas sungai, meliuk liuk, seru !

    • uyayan mengatakan:

      oh si jenit mbak…. (c) maksud saya (si) mbak… kebiasaan orang unda manggil hewan peliharaan itu pake kata (si) sebelum namnya.

      hehe iya mbak saya sering baca di postnya mbak tentang burung yang sangat beda dengan di sini.. saya sendiri gak pernah lagi lihat burung terbang bergerombol…

      wah pasti asyik ya mbak melihatnya… di abadikan gak mbak el ??

  24. Ely Meyer mengatakan:

    wadew .. yg di dalam sangar kok kucing ? :D

    salah satu kucingnya persis kayak kucing saya dulu mas, namanya susi

    suamiku juga suka bikin apa apa sendiri mas, kalau bisa sih, terakhir bikin tempat makan mungil buat burung liar di samping dapur

    • uyayan mengatakan:

      iya nbak tuh c jenit sama c july yg suka ikut nimbrung… katanya mumpung kosong narsis dulu hehe oh yg mana mbak yg ada putihnya c jenit..

      ada persamaan hehe…
      enak mbak ya kalo di sana gak usah pelihara burung tapi burung banyak di halaman…

  25. yisha mengatakan:

    semangat! :D

  26. joe abangirengku mengatakan:

    ya…ternyata bukan sangkar burung tapi sangkar kucing…. :-) hebat sob…dah layak di pasaran tuh sob….dua jempol dah…

  27. SanG BaYAnG mengatakan:

    Kreatif sekali coy.., salut deh gan.. :lol:

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: