goa pamijahan

Goa pamijahan

Berziarah ke makam merupakan tradisi sebagaian masyarakat muslim di Indonesia, yang sampai sekarang masih terpelihara dan di jalankan oleh sebagian dari mereka. Tradisi yang baik untuk mengintropeksi diri, merenungkan apa yang telah kita persiapkan untuk kembali ke hadapaNya. Merenung bahwa kita juga akan seperti mereka kembali ke Sang Pencipta. Selain itu juga kita mendoakan para ahli kubur semoga di ampuni dosa dosanya semasa hidup di terima iman dan islamnya di golongkan dalam golongan mati yang khusnul khotimah amiinn..

Objek tujuaan ziarah yang berada di jawa barat salah satunya makam Syeh Addul Muhyi yang berada di Desa Pamijahan, Kec Bantarkalong 65 km arah selatan dari kota Tasikmalaya. Semasa hidupnya Syeh Abdul Muhyi merupakan salah seorang tokoh ulama penyebar agama Islam di Jawa Barat.

Makam Syeh Abdul Muhyi biasanya ramai di kunjungi oleh para peziarah menjelang bulan Ramadlhan dan bulan Maulud. Setelah selesai melakukan ziarah di makam Syeh Abdul Muhyi para peziarah melanjutkan perjalanan ke goa Safarwadi yang tak jauh dari lokasi makam. Di goa ini terdapat petilasan Syeh Abdul Muhyi. Mulut goanya cukup lebar dan tinggi, dalam goapun orang bisa berdiri tegak dengan stalaktit dan stalakmit yang kokoh. Goa cukup dalam dengan ruangan-ruangan yang seolah-olah disekat sebagai tempat pertapaan, pesantren, mushola, mimbar, lubang-lubang seperti mulut gua di dalam gua (menurut cerita, lubang tersebut adalah jalan tembus menuju Banten, Cirebon, bahkan Mekah).

Waktu kecil dulu pernah juga ke sana beberapa kali bersama keluarga dan rombongan yang di pinpin oleh seorang Ustazt. Berangkat subuh dan tiba kira kira pukul 9 pagi, jalan yang di tempuh berkelok kelok dengan pemandangan alam pedesaan yang indah. Setibanya di sana istirahat sebentar kemudian membacakan tahlil yang di pimpin ustad di makam Syeh Abdul Muhyi.. kemudian perjalanan di lanjutkan menuju goa pamijahan.

Salah satu bagian goa yang dikunjungi adalah hamparan cadas berukuran agak luas yang disebut sebagai Lapangan Baitullah. Tempat itu dulu sering dipakai shalat Syeh Abdul Muhyi bersama para santrinya.

Di samping lapangan cadas itu terdapat sumber air Cikahuripan yang keluar dari sela-sela dinding batu cadas. Hampir semua orang yang ada dalam rombongan waktu itu menyempatkan mandi atau hanya sekedar cuci muka. Mata air itu terus mengalir sepanjang tahun. Oleh masyarakat sekitar, air itu di namakan sebagai air “zamzam” Pamijahan.

sumber : http://www.disparbud.jabarprov.go.id
About these ads

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

18 Responses to goa pamijahan

  1. imam supardi mengatakan:

    padah bsok pagi saya mau ke sana ekh malah sekarang baru cari info nya … syukron ya akhi atas infonya … semoga perjalanan besok lancar …

  2. Evi mengatakan:

    Aku belum pernah ke sini, tapi pengen banget deh Kang Yayan. Semoga gak lama lagi saya dapat kesempatan ya. Insya Allah :)

  3. Budi Nurhikmat mengatakan:

    saya sudah 4 tahun di tasik saja tp belum kesana :(

  4. bensdoing mengatakan:

    smoga saja ziarah kepada kerabat yang terdekat tidak diabaikan… :)

  5. gunawank mengatakan:

    Rasulullah SAW menganjurkan agar kita menziarahi makam2 para solihin agar kita selalu ingat mati dan meneladani mereka.

  6. Hijihawu mengatakan:

    Ziarah untuk mengingat kapan saya menyusul…. ?

  7. yisha mengatakan:

    wah, andai aku bisaaaaaaaa………… :)

  8. chuckybugiskha mengatakan:

    Berziarah untuk merenungi arti dari kehidupan ini..
    mudah”an bukan untuk mendapatkan wansit..he..he..

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: