cara daur ulang kertas

cara daur ulang kertas

Sebenarnya post kali ini sudah pernah di post-kan sebelumnya tapi karena ada kesalahan saat melakukan peng-editan, eh malah terhapus. Jadi di post ulang… Waduh… Cape deehhh bari nepak tarang..

Manfaatkan tumpukan koran lama di gudang, menjadi kertas daur ulang yang unik dan cantik. Selain berguna, mendaur ulang kertas bekas juga merupakan tindakan nyata melindungi lingkungan.

Bahan & Alat:

Kertas koran/ majalah/ buku bekas White glue/ lem kertas Blender/ food processor Screen sablon, sebesar ukuran kertas yang ingin dihasilkan Kain katun Busa spons Baskom/ ember/ wadah agak besar dan lebar Setrika,  Pewarna kimia atau alami (kunyit, daun pandan, gambir, daun jati, pacar cina, dan lainnya)

Cara Membuat:

1.Sobek-sobek limbah kertas menjadi serpihan kecil, rendam di dalam air selama 1-2 hari. Campur serpihan kertas dengan white glue hingga menjadi bubur kertas.

2.Tuang bubur kertas ke dalam baskom atau wadah lebar berisi air bersih, aduk rata. Masukan parutan kunyit atau pewarna kimia, untuk menghasilkan kertas daur ulang berwarna-warni.

3.Saring adonan kertas yang tidak terlalu kental ini dengan screen sablon, jangan terlalu tebal. Tiriskan screen di atas spons sampai semua airnya terserap spons.

4.Pindahkan hasil saringan tadi ke atas kain dengan posisi terbalik, gosok sedikit atau tepuk-tepuk screen sampai lembaran kertas basah ini menempel di kain lalu angkat hati-hati. Pindahkan kain ke atas spons.

5.Jika sudah cukup kering, angkat kain dan jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, untuk menghilangkan kelembapan yang mungkin tersisa, kain berlapis kertas ini dapat disterika dengan suhu yang cukup hangat.

6.Terakhir, setelah disetrika, pisahkan kertas daur ulang dari kain secara perlahan, jangan sampai sobek. Voila, kertas daur ulang berwarna cantik dan bertekstur unik kini terhampar di depan Anda!

Tips:

•Untuk memisahkan tinta pada kertas koran bekas, didihkan rendaman kertas terlebih dahulu sebelum dijadikan bubur kertas, sekitar 10 menit lalu buang bekas air rendamannya.

•Tambahkan kelopak bunga, daun kering, bekas parutan kelapa kering, ataupun serbuk kayu untuk mendapatkan tekstur kertas daur ulang yang unik.

•Penambahan white glue pada saat mencampur kertas dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin banyak pemakaian white glue, kertas yang dihasilkan akan semakin kuat. Tepung jagung dan serat batang pisang dapat menggantikan white glue, untuk memperkuat materi kertas yang dihasilkan.

sumber : http://default.tabloidnova.com/article.php?name=/tips-mendaur-ulang-kertas&channel=tips

About these ads

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

22 Responses to cara daur ulang kertas

  1. rizki mengatakan:

    kayaknya bagus buat peluang usaha..!!
    tapi buat pemasarannya saya belum tau….!!!
    ada yang punya solusi…???

  2. whysooserious mengatakan:

    Saya pernah coba bikin sendiri kertas daur ulang, ternyata nggak semudah yang saya kira. Sepertinya komposisi masing-masing bahannya harus benar2 pas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan :)
    Salam kenal…

  3. wisnu yusuf mengatakan:

    dibutuhkan segera orang yang sudah berpengalaman mendaur ulang kertas..
    syarat jujur, telaten, disiplin.

    contect person :
    eni : 081329754626
    nilla : 087836932007
    wisnu : 08975078007

  4. Andika Kusuma mengatakan:

    kertas yang tipe apa yang bisa di daur ulang gann.. ??

  5. verena mengatakan:

    wah…bermanfaat sekali..kalo boleh izin copas, ya!

  6. cumakatakata mengatakan:

    yaaaaaah.. udah dikiloin gan….

  7. Mila mengatakan:

    siip deh :)

  8. syaiful mengatakan:

    kok acak2an artikelnya bro

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: