peluang usaha bisnis pemancingan

Peluang usaha bisnis pemancingan

Membuka usaha pemancingan Harian sangat menjanjikan. Itu saya lihat dari bermunculanya pemancingan pemancingan yang baru di buka. Pengalaman dari tahun 1998 sampai saat ini 2012 di tempat saya sekarang sudah begitu banyak pemancingan yang baru padahal pada 1998 tak lebih dari 5 pemancingan saja sedangkan sekarang sudah tidak bisa di hitung lagi dengan jari.

Usaha pemancingan harian di lihat dari segi keuntungnya sangat mengiurkan seperti yang di tuturkan oleh seorang teman namanya kholik Jablay yang sudah mengelola pemancingan lebih dari 5 tahun. Dari persatu Kilo ikan yang diturunkan keuntungan yang di raih antara Rp 2.000,- sampai Rp 2.500,-. Itu dari ikan yang di turunkan belum lagi di tambah dengan hasil dari penjualan ikan second ikan hasil pancingan yang dia beli dari pemancing dan dia jual lagi ke pasar dengan untung Rp 2.000,- perkilo , jadi kalau di hitung untungnya dua kali. Sedikit gambaran seandainya ada pemancing 40 orang kali 2,5 Kg sama dengan ikan yang di turunkan 100 Kg kali Rp 2.500,- sama dengan Rp 250.000,- itu dari ikan yang di turunkan di tambah lagi dari hasil penjualan ikan second lumayan besar kan ? Itu perhari perbulan tinggal di hitung saja.

Adapun kiat sukses mengelola pemancingan harian berdasarkan dari pengamatan saya sebagai berikut :

1. Lokasi tempat pemancingan itu sendiri usahakan yang mudah terjangkau dengan kata lain berada di tempat yang strategis. Tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan masalah air. Air sangat menentukan bertahan dan tidaknya satu pemancingan karena ikan Mas sangat terpengaruh dengan air untuk urusan makan. Percuma kalau pemancingan yang sudah di modalin tapi pada akhirnya di tinggal oleh para pemancing. Pemancingan akan jadi tujuan mancing kalau ikan yang di turunkan mau makan umpan. Satu lagi tempat pemancing harus di beri atap maklum saat mancing pasti panas atau mungkin juga hujan dan jangan lupa juga tempat duduk yang layak. Pegel loh kalau harus jongkok terus selama mancing.

2. Tempat parkir juga perlu, mengingat dewasa ini para pemancing kebanyakan menggunakan kendaraan kalau pergi memancing. Usakan tempat parkir itu berada di lokasi. Perlu di ingat masalah curanmor yang makin marak.

3. Mushola di pemancingan perlu juga mengingat waktu mancing di antara beberapa waktu Shalat. Seperti Shalat Dhuhur dan Ashar.

4. Warung kopi di pemancingan juga merupakan salah satu sarana penunjang menu yang di sediakan silakan sesuaikan dengan keperluan, jangan lupa untuk menyediakan bahan umpan dengan lengkap.

5. Pelayanan pengelola terhadap pemancing jadi alasan juga para pemancing untuk datang ke tempat pemancingan itu. Jangan membeda bedakan antara satu pemancing dengan pemancing yang lain dalam segi pelayanan. Masalah yang sering timbul saat memancing biasanya benang yang kusut, tali nyangkut dan umpan yang kurang pas dalam hal ini pengelola harus selalu siap untuk membantu.

Hanya itu saja yang bisa saya tuliskan pasti masih banyak kekurangan silakan untuk menambahkan !!

About these ads

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

6 Responses to peluang usaha bisnis pemancingan

  1. budi pribadi mengatakan:

    Pemancingan sya bernama telaga hijau letaknya di belakang graha kartika estate, jl raya tegar beriman, bojong gede bogor
    lumayan sehari minimal 15 pemancing datang ke lokasi kami, mungkin karena tempatnya nyaman dan bagus.

  2. riezma zara zetira zulmi mengatakan:

    usaha kolam pemancingankami baru buka 4 bln, tp alhamdulilah pengunjungnya lumayan, terutama akhir pekan,,, tapi kami masih kesulitan karena belum adanya fasilitas yg mendukung spt atap dan jg mushola…tapi kami terus berusaha agar kolam pemancingan kami tetap exist sampai anak cucu

    • uyayan mengatakan:

      awal yang bagus tuh.. semoga saja akan terus berkembang…
      itumah ganpang gan nyusul aja. jika boleh sedikit saran kalau mau bikin atap usahakan agak tinggi tujuanya agar saat mania menghentak joran, ujung jorang tidak sampai mengenai atap kalau kebetulan hentakan joran nihil..
      terkadang masalah atap juga jadi pertimbangan para mania hehe maklum tak jarang ujung joran patah saat di hentak mengenai atap…

  3. Ely Meyer mengatakan:

    nggak ingin buka usaha pemancingan juga mas ? :)

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: