belajar memahami karakter ikan mas

belajar memahami karakter ikan mas

Sebelum mancing ikan mas, akan lebih baik jika kita memahami dulu karakter ikan Mas..Ikan mas hidup di air tawar , walau terkadang hidup juga di air payau.Bersikap rakus pemakan segala (sayuran, lumut, serangga, cacing dsb).Ikan Mas hidupnya suka bergerombol dan suka di air yang mengalir..Oleh sebab itu kalau mau mancing ikan Mas lebih baik dekat lokasi tempat masuknya air..

Mulut ikan Mas lunak sehingga bisa menghisap makanan yang di sukainya, tapi bisa memuntahkanya kembali kalau makanan itu tidak di sukainya..Kalau mancing di sarankan gunakan mata kail yang tajam sehingga tidak perlu menghentak joran terlalu keras saat strike, tujuanya agar mulut ikan tidak robek yang bisa mengakibatkan lepasnya ikan dari mata kail kita..

Ikan mas mempunyai kebiasaan suka mencari makan di dasar kolam, sehingga sering terlihat gelembung-gelembung yang bergerak dari bawah ke atas dan tampak di permukaan air (prepes istilah pemancing di sini).Kalau melihat tanda-tanda demikian jangan di acuhkan begitu saja, segera lempar umpan kea rah prepes itu..Kaena biasanya kalau ikanya sehat tak lama lagi umpan pasti akan di sambar..Kalau tidak di sambar juga coba gulung perlahan-lahan atau hentak joran dengan sangat pelan ..Tujuanya untuk menarik perhatian ikan akan umpan kita..Biasanya cara ini cukup epektif..

Kalau mau mancing ikan Mas di sarankan di pagi hari di saat sinar matahari mulai menyentuh permukaan kolam..Biasanya ikan Mas akan mudah menyambar umpan..Karena dari kebiasaan peternak yang suka ngasih makan ikan di pagi hari..

Sedangkan kalau kita mancing ikan Mas di siang hari kurang bagus, karena suhu air melebihi ambang batas daya tahan ikan..Akan lebih buruk lagi kalau kondisi kolamnya dangkal, kurang dari 0,75 meter..Mancing ikan Mas juga baik kalau di lakukan sore hari atau malam hari sampai pukul 24.00..

Pada kondisi tertentu misalnya saat angin berhembus terlalu kencang , air terlalu dingin atau panas, hujan terlalu deras..Kondisi ini juga kurang bagus untuk mancing..

Napsu makan ikan Mas tidak terlepas dari kondisi air di pemancingan ..Kondisi air yang bagus berwarna bening kehijauan atau kecoklatan.Tidak berbau, tidak ada endapan di permukaan kolam. Adanya blower(istilah disini) di tengah kolam pemancingan yang biasanya berjejer lebih dari satu. Blower ikut membantu memperbaiki kondisi air yang buruk dan dapat meningkatkan kadar oksigen..

Kondisi kesehatan ikanpun ikut mempengaruhi pada selera makannya..Jika ikan stress karena penanganan yang kasar saat penangkapan dari bak penanpungan atau saat pelepasan, ikan terkena penyakit seperti jamur atau parasit lainya. Maka napsu makan ikan akan menurun..

Bisa juga ikan jadi kurang napsu makan karena terlalu banyaknya makanan di dasar kolam..Kejadian ini bisa terjadi di pemancingan pada hari – hari tertentu, biasanya pada hari libur karena terlalu banyaknya pemancing..Dengan sendirinya umpan yang lempar ke kolampun akan banyak..Jadi tidak sesuai dengan kebutuhan makan ikan..Belum lagi sisa-sisa umpan yang terbuang dalam air menyebabkan air jadi kotor sehingga tidak kondusip untuk kesehatan ikan..

Semoga tulisan ini bermampaat…

About these ads

Perihal kangyan
hanya seorang awam yang suka menulis sebelum tidur... menulis tentang apa saja, dari yang di dengar, di lihat dan di rasakan... bentuk tulisan sekedar ekspresi pemberontakan yang hanya tersalur lewat tulisan...

yang sudah baca di tunggu komenya,,,,,, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: